Asyik, 2023 Program Prakerja Lanjut Lagi. Jangan Lewat, Ada 1 Juta Orang yang Akan Menerima

Asyik, 2023 Program Prakerja Lanjut Lagi. Jangan Lewat, Ada 1 Juta Orang yang Akan Menerima

Kartu Prakerja pada 2023 dengan skema baru dan bukan lagi disebut semi bansos, serta penerima dana BSU juga masih bisa daftar program kartu prakerja, dan itu ditegaskan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.-Palpos.id-disway.id

PALEMBANG, PALPOS. ID- Kabar gembira bagi anda yang program Kartu Prakerja kembali dibuka tahun depan. Program yang dimulai sejak tahun 2020, tepatnya pada saat pandemic Covid-19, sudah banyak diikuti oleh peserta.

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Program ini juga termasuk untuk pelaku usaha mikro dan kecil.  Saat ini Kartu Prakerja sendiri telah menjadi satu-satunya program Government to People yang paling masif di Indonesia. 

BACA JUGA:Asyik! Bansos BPNT dan PKH Cair Lagi, Cukup Bawa KTP ke Kantor Pos

Nah, Kartu Prakerja tidak dapat diberikan kepada pejabat negara, pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Aparatur Sipil Negara (ASN), Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Kemudian, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Kepala Desa dan perangkat desa, Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

BACA JUGA:Jangan Kecewa, Penerima Bansos PKH dan BPNT Dibawah Usia 40 Tahun Bakal Dihapus

Inklusifitas Program Kartu Prakerja yang menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat menjadi salah satu indikator keberhasilannya. Pemanfaatan teknologi digital dalam penyelenggaraan program ini juga sejalan dengan kondisi pandemi yang sedang dihadapi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI,  Airlangga Hartarto dalam program TVRI: Indonesia Bicara bertema “Program Prakerja Menjawab Tantangan Dunia Kerja”, Senin (19/12) mengatakan, selama program Kartu Prakerja in berjalan sudah daftar lebih dari 40 juta, namun yang diterima sekitar 16,4 juta. 

BACA JUGA:1 Juta Pekerja Belum Ambil Bansos BSU Padahal Batas Waktu Pencairan Hampir Habis, Sayang Ya!

”Semuanya dari 514 kabupaten/kota. Artinya, selama pandemi kita bisa melihat bahwa infrastruktur digital kita relatif merata," ungkap  Airlangga.

Airlangga menambahkan, dari kuota yang diberikan ke daerah-daerah itu bisa terisi, dengan demikian sifat inklusif kartu prakerja menjadi tinggi. 

212 kabupaten/kota diantaranya merupakan daerah miskin, sehingga target menjangkau banyak pihak dengan teknologi digital itu bisa diwujudkan,” lanjutnya.

BACA JUGA:Mau Bansos atau Saldo Dana Gratis hingga Rp1 juta, Ini Cara Mendapatkannya...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: