Unik ! Ada Danau Airnya Merah di Sumatera Selatan

Unik ! Ada Danau Airnya Merah di Sumatera Selatan

Danau Rimba Candi-foto : internet-

PALEMBANG, PALPOS.ID -  Sumatera Selatan tak hanya terkenal sebagai penghasil sumber daya alam minyak bumi, gas, batubara dan mineral, banyak ragam wisata yang  menarik. 

Juga tempat wisatanya tak kalah menarik dibanding daerah lain. Salah satu wisata unik adalah Danau Merah Rimba Candi.

Keunikan danau ini memiliki air yang berwarna merah. Masyarakat setempat percaya bahwa danau ini memiliki misteri tersendiri dan di dalamnya dihuni oleh berbagai binatang yang tidak umum.

BACA JUGA : Suka Jalan-Jalan, Ini 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Palembang

Dirangkum dari berbagai sumber,  danau ini terletak di sekitar perbukitan Raje Mandare, perbatasan Pagaralam dan Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Danau Merah Rimba Candi  mempunyai luas sekitar 6 hektare.     

Di sini terdapat hewan yang cukup unik yakni kelabang. Namun, di sini Anda pun akan menemukan kelabang yang memiliki panjang yakni sekitar 50 cm dan lebarnya sendiri yaitu 30 cm. Tak hanya itu saja, ada pula lebah dan burung raksasa yang hidup di telinga kerbau. Hewan unik tersebut hanya bisa untuk Anda temui di tempat wisata yakni Danau Merah Rimba Candi.

Mengapa nama danau ini terdapat kata candi, apakah sebelumnya daerah ini terdapat sebuah candi? Kabarnya, wilayah di sini merupakan kawasan candi pertama di Sumatera. Kamu akan menemukan beberapa sisa-sisa bangunan yang ada di Danau Merah Rimba Candi. 

Pada tahun 2010 lalu, beberapa warga yang tengah berekspedisi berhasil menemukan danau ini. Uniknya, bila dilihat memang warna air di danau merah merona nampak seperti darah. Namun jika diangkat menggunakan tangan warna air berubah menjadi jernih kecoklatan! Pada malam hari, Danau Merah Rimba Candi memiliki aroma seperti pandan. 

Habitat di Danau Merah

Keunikan bukan hanya ditemui pada warna air danau saja, melainkan tumbuhan dan hewan yang hidup di kawasan ini. Pertama terdapat pepohonan yang tumbuh miring. Jika pohon tumbuh di atas tanah Pagar Alam, maka pohon tersebut akan miring ke arah Pagar Alam. Sebaliknya, apabila pohon tumbuh di tanah Bengkulu, maka miringnya akan ke arah Bengkulu.  

Kedua adalah hewan-hewannya. Pengunjung siap-siap melihat kerbau dengan telinga yang dipenuhi oleh sarang lebah dan kelabang raksasa yang berukuran panjang 50 cm dan lebar 30 cm.

BACA JUGA : Indahnya Danau Mas, Destinasi Wisata Baru di Muara Enim

Keberadaan danau ini memang masih menjadi perdebatan diantar peneliti atau para ahli karena belum ada pernyataan resmi yang menyatakan sebab akibat danau ini bewarna merah.

Area di sekitar danau ini masih dipenuhi oleh hutan yang cukup lebat. Bagi pengunjung yang ingin menuju danau unik ini harus ekstra sabar karena lokasinya berada di pedalaman dan jauh dari jangkauan. Untuk sampai ke sini, traveler akan memakan waktu sekitar 1 hari perjalanan dari pusat kota. Nah penasaran bukan? Yok segera kunjungi Danau Rimba Candi ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: