Kawah Tengkurep Tempat Peristirahatan Terakhir Kesultanan Palembang

Kawah Tengkurep Tempat Peristirahatan Terakhir Kesultanan Palembang

Kompleks Pemakaman Kawah Tengkurep yang merupakan ķompleks pemakaman kesultanan palembang. -Foto: Koer-PALPOS.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID - Kawah Tengkurep yang berada di kawasan Pelabuhan Boom Baru Palembang ini merupakan tempat peristirahatan sultan serta para abdi dalem Kesultanan  Palembang

Pengertian dari Kawah Tengkurep sendiri mempunyai arti  Kawah berarti wadah atau tempat sedangkan tengkurep mempunyai arti terbaring atau terbalik. 

Jadi arti secara harafiah Kawah Tengkurep Wadah yang terbalik arau tempat pemakaman sultan dan keturunannya serta para wali dan sunan.

Pemakaman tersebut dibangun pada tahun 1728, bersamaan pembangunan Masjid Agung Palembang terletak Kecamatan Ilir Timur II  Palembang. 

BACA JUGA:Mengenang Sejarah Tritura 10 Januari, Simak Penjelasannya

BACA JUGA:Ini Julukan 6 Kota di Indonesia, Palembang ternyata Julukannya Bukan Kota Pempek

Di Kawah Tengkurep ini juga di Makamkan juga Sultan Mahmud Badaruddin II beserta istrinya Ratu Sepuh dari Demak  Ratu Gading dari Malaysia, Ratu Mas Ayu dari Cina dan Nyai Mas Naimah dari Palembang.

Pada bagian lain dari pemakaman ini terdapat Imam Sayid Al Idrus yang merupakan guru besar bagi Sultan Mahmud Badaruddin II.

Pemakaman yang mempunyai luas 1 hektare yang terdiri dari 6 bangunan makam yang diperuntukkan untuk Sultan dan orang-orang terdekatnya. 

Sedangkan makam kecil merupakan makam  bagi anak-anaknya dan para abdi dalem dan panglima pada bagian depan.

BACA JUGA:Wow! Ada Tanah Bisa dimakan di Kabupaten Muba, Ceritanya Mirip Malin Kundang Lho!

BACA JUGA:Ternyata Pasar Cinde Palembang Punya Saudara Kembar di Kota Semarang

Setiap hari makam Kawah Tengkurep selalu di datangi oleh orang untuk berziarah, untuk mendoakan Sultan sebagai pejuang kemerdekaan melawan penjajahan Belanda.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: