Pemkab OKU Perbaiki Infrastruktur Jalan di Situs Goa Harimau

Pemkab OKU Perbaiki Infrastruktur Jalan di Situs Goa Harimau

Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah saat meninjau Situs Gua Harimau.-Foto: Eko-PALPOS.ID

BATURAJA, PALPOS.ID - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) akan memperbaiki akses infrastruktur jalan menuju Situs Cagar Budaya Goa Harimau di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji agar lebih mudah dijangkau wisatawan.

"Karena akses jalan yang ada saat ini sulit dilalui dan masih banyak semak belukar," kata Penjabat Bupati OKU, Teddy Meilwansyah di Baturaja, Rabu 12 Januari 2023.

Oleh sebab itu, perbaikan dan pembukaan akses jalan segera dilakukan sebelum Museum Goa Harimau yang ada di situs jagar budaya tersebut diresmikan tahun ini.

"Perbaikan akses jalan ini diupayakan dilakukan sebelum peresmian Museum Goa Harimau yang dijadwalkan dilakukan pada pertengahan tahun nanti," kata 

BACA JUGA:3 Game Jadul yang Eksis Dimasanya, Tapi Kini...

Untuk itu, Teddy meminta masyarakat OKU khususnya di sekitar Goa Harimau agar mendukung pembangunan tersebut supaya akses menuju situs cagar budaya terbesar di Sumsel itu dapat dibuka dan dibangun.

Menurut dia, sejauh ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Dinas PU setempat untuk segera melakukan perbaikan.

Hasilnya, tanah perkebunan warga yang terkena pembangunan akses jalan menuju Goa Harimau akan dibebaskan, sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Menurut Teddy, jika akses jalan menuju Goa Harimau dibuka tentunya dapat menggeliatkan roda perekonomian masyarakat di wilayah itu.

BACA JUGA:5 Fakta Menarik Cagar Budaya Rumah Pangeran H Anang di Kabupaten Musi Banyuasin..

"Jika banyak wisatawan yang datang tentunya roda perekonomian masyarakat akan lebih bergeliat," tegasnya.

Dikatakan Teddy, Museum Goa Harimau adalah bantuan dari Kementerian Pariwisata RI yang mulai dibangun pada tahun 2015 hingga 2019.

Sebelumnya, kata dia, rencana peresmian museum megah dengan penggunaan teknologi 3D ini akan dilaksanakan pada tahun 2020 lalu, namum tertunda karena pandemi COVID-19.

"Hasil koordinasi kami dengan pihak kementerian dijadwalkan kembali peresmian dilakukan pada  Juni 2023. Oleh sebab itu, sebelum diresmikan diupayakan seluruh persiapan termasuk infrastruktur jalan harus-harus benar layak dan memadai," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: