Antisipasi Kekerasan yang Melibatkan Anak, InI Cara Mengatasinya

Antisipasi Kekerasan yang Melibatkan Anak, InI Cara Mengatasinya

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Vivi Mariani-Foto : Febi-PALPOS.ID

MUARA ENIM, PALPOS.ID  - Maraknya kekerasan yang melibatkan anak baik itu sebagai korban maupun pelaku, Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Muara Enim terus melakukan berbagai upaya antisipasi dalam mengurangi dan menghapuskan angka kekerasan terhadap anak. Salah satunya menggalakkan sekolah ramah terhadap anak didik.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Vivi Mariani, mengatakan bahwa kekerasan yang melibatkan anak. Tentu menjadi perhatian bagi pemerintah kabupaten Muara Enim yang sudah memiliki upaya dalam mengatasinya.

Salah satunya, adalah dengan memiliki forum anak di setiap desa dan kelurahan di Kabupaten Muara Enim.

Dimana tugas mereka menjadi pelopor dan pelapor kalau melihat adanya kekerasan terhadap anak yang ada di sekitarnya.

BACA JUGA:Delapan Desa Masih Blankspot, Ini Kata Diskominfo

BACA JUGA:Amankan 2 Tersangka dan 9 Motor, Begini Kata Kapolres

"Sekarang sudah ada sekolah ramah anak yang sudah dinyatakan berstandar nasional, di Sumsel hanya ada satu yakni di SD TEL. Tahun ini kami akan ajukan lagi 2 SD dan 2 SMP untuk dinyatakan sekolah ramah anak berstandar nasional," ujar Vivi, Senin (13/2)

Lanjut Vivi, saat ini sudah ada sekolah yang diberikan pelatihan mulai dari Paud hingga SMA dimana fasilitasnya harus sesuai standar.

Misalnya toilet, fasilitas sekolah dan lain lain. Lalu, sebuah sistem yang dibuat agar tidak ada lagi yang namanya bully di kalangan pelajar, juga mengantisipasi apabila ada kekerasan terhadap anak serta bagaimana sekolah memperlakukan anak dengan adil dan merata.

Sebenarnya, ada 300 sekolah yang akan diusulkan secara sistem sudah menerapkan ramah anak, hanya saja memang perlu status secara nasional. Artinya itu sebagai role model, dengan harapan sekolah lain juga akan menerapkannya.

BACA JUGA:Himbau Masyarakat Untuk Tidak Membakar Lahan, Kapolres Ingatkan Ini..

BACA JUGA:Dinkes Muara Enim Sidak Toko Apotik dan Toko Obat, Kadinkes Temukan Ini..

Dalam pencegahan, sambung Vivi, juga selalu dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat dimana dulunya ke desa desa sekarang di kecamatan.

Skalanya besar ini juga sekaligus pencegahan terhadap kekerasan terhadap perempuan. Beberapa hal tersebut menjadi upaya dari Pemkab muara enim agar kekerasan yang melibatkan anak baik itu sebagai pelaku maupun korban.

"Tentunya kami juga berkoordinasi dengan stakeholder lain mengingat ini tidak bisa dilakukan sendiri," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id