Majukan UMKM, Kanwil Kemenkumham Sumsel Gandeng Kanwil Bea Cukai Sumbagtim

Majukan UMKM, Kanwil Kemenkumham Sumsel Gandeng Kanwil Bea Cukai Sumbagtim

Kanwil Kemenkumham Sumsel bersama Kanwil Bea Cukai Sumbagtim bekerja sama untuk memajukan UMKM--foto : septi/palpos.id

PALEMBANG,PALPOS.ID-Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya menerima audiensi Kakanwil Bea Cukai Sumatera Bagian Timur (Sumbagtim), Sugeng Apriyanto, pada Rabu (29/3) bertempat di ruang kerja Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Jalan Jenderal Sudirman Km. 3,5 Palembang.

Pada kegiatan tersebut, Kakanwil Ilham Djaya mengatakan pihaknya bersama Kanwil Bea Cukai Sumbagtim membahas upaya mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar dapat mengembangkan usahanya.

“Kami memiliki visi yang sama untuk terus secara aktif memberikan asistensi dan edukasi kepada para pelaku UMKM yang berada di wilayah Sumatera Selatan”, ungkap Ilham.

BACA JUGA:Dorong Implementasi Bisnis Berbasis ESG, Bank Mandiri Pasang 556 Unit Panel Surya

Kakanwil Bea Cukai Sumbagtim, Sugeng Apriyanto mengatakan pihaknya mendirikan rumah kreatif yang berfungsi meeting, konsultasi, sosialisasi, dan asistensi bagi UMKM.

Menurut Sugeng, banyak beragam kerja sama yang dapat disinergikan pihaknya dengan Kanwil Kemenkumham Sumsel, khususnya untuk membantu UMKM yang masih menghadapi sejumlah kendala, seperti dalam hal perizinan, pendanaan, operasional, pemasaran, serta produksi.

Menanggapi hal tersebut, Kakanwil Ilham Djaya mengatakan siap bersinergi, mengenai UMKM pihaknya memiliki program perseroan perorangan. Dijelaskan Ilham Djaya, Perseroan Perorangan merupakan sebuah badan hukum yang memungkinkan para pelaku UMK untuk dapat mendirikan perseroan tanpa modal minimal dan dapat didirikan oleh satu orang dengan tanggung jawab terbatas, dan biayanya hanya Rp50.000 saja.

BACA JUGA:Perkuat Transformasi Digital Indonesia Lewat Solusi IoT Berbasis 5G Kolaborasi Smartfren dan Xingtera

“Manfaatnya, akan banyak UMK yang akan dapat mengakses layanan perbankan, khususnya pendanaan (bankable). Hadirnya Perseroan Perorangan juga dinilai sebagai solusi untuk memperbaiki kondisi ekonomi Indonesia pascapandemi Covid-19 dengan menggerakkan sektor UMK”, ungkapnya.

Terbaru, Kakanwil Ilham menyebut pihaknya bersama pemerintah kota Lubuklinggau memfasilitasi pendaftaran perseroan perorangan bagi 100 UMKM, secara gratis. “Ini sebagai wujud apresiasi kepada pelaku UMKM dengan cara memberikan edukasi dan pengembangannya”, katanya. 

Selain itu, Ia menyebut para UMKM dapat memanfaatkan perseroan perorangan sebagai akses ke perbankan untuk memperoleh fasilitas kredit maupun pengembangan produk UMKM lainnya.

BACA JUGA:10 Produk Terbaru Olike Diluncurkan, Ada Skin Printer HMP1 Pertama di Indonesia

Disamping itu sebagai bentuk dukungan pengembangan UMKM, Kakanwil Ilham mengatakan pihaknya juga terus mendorong agar UMKM mendaftarkan produk, merek, karya, dan cipta menjadi kekayaan intelektual sebagai upaya perlindungan hukum terhadap usahanya.

Kakanwil Bea Cukai Sumbagtim, Sugeng Apriyanto mengaku sangat senang atas apa yang telah dilakukan kedua pihak, menurutnya hasil pertemuan tersebut diketahui banyak kesamaan program yang dapat disinergikan. “Dalam waktu dekat kerja sama ini kita akan tuangkan dalam wujud MoU”, tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: