Berkah Ramadhan, 22 KPM di Pelajau Ilir Banyuasin Terima BLT Dana Desa Rp 900 Ribu, Ini Pesan Kepala Desa

Berkah Ramadhan, 22 KPM di Pelajau Ilir Banyuasin Terima BLT Dana Desa Rp 900 Ribu, Ini Pesan Kepala Desa

Foto# Kepala Desa Pelajau Ilir Nur Muhamad saat menyerahkan BLT-Dana Desa kepada KPM. Masing-masing total menerima Rp 900 ribu-sony/palpos.id-

BANYUASIN, PALPOS.ID- Bertempat di Kantor Desa Pelajau Ilir, dengan dihadiri Anggota BPD dan Pendamping Desa. Sebanyak 22 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kategori miskin ekstrem, terima penyaluran penyaluran perdana tahun 2023 Kamis (6/4/23).

Dengan total diterima KPM sebesar Rp 900 ribu , untuk BLT-DD bukan Januari, Februari dan Maret tahun 2023. KPM penerima BLT-DD diharapkan mengunakan bantuan tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

Kepala Desa Pelajau Ilir Nur Muhamad kepada PALPOS.ID menjelaskan, Sebelum penyaluran BLT-DD hari ini pihaknya bersama anggota BPD, telah melakukan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus), untuk memverifikasi dan validasi data KPM yang benar-benar layak sesuai kategori BLT-DD tahun 2023.

BACA JUGA:Ini Syarat Siswa SD SMP SMA Dapat Bansos PIP Kemdikbud 2023, Kamu Termasuk Tidak?

BACA JUGA:CEK REKENING! Honorer Pemkot Palembang Terima THR 1 Bulan Gaji..

Untuk itulah sesuai dengan Permenkeu RI Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa tahun 2023, calon keluarga penerima manfaat BLT Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 huruf a diprioritaskan keluarga miskin yang berdomisili di Desa bersangkutan dan terdaftar dalam keluarga desil 1 data sasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Dimana dalam aturan itu untuk kriteria KPM BLT-DD tahun 2023, yakni penduduk miskin yang terdaftar dalam keluarga desil 1, desil 2 sampai dengan desil 4, dimana keluarga tersebut kehilangan mata pencaharian.

Kemudian, mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit, menahun, kronis dan  difabel.

BACA JUGA:Pj Bupati H Apriyadi Apresiasi Tim Gerak Cepat Bantu Korban Angin Puting Beliung

BACA JUGA:Wow, Lubuklinggau Ada Tempat Bimbel Gratis Yang Fasilitasnya Belajarnya Lengkap

Lalu, tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan dan rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.

"Berdasarkan semua kriteria itulah untuk KPM BLT-DD tahun 2023 Desa Pelajau Ilir, ditetapkan sebanyak 22 KPM. Kepada masyarakat yang terpilih sebagai KPM BLT-DD yang telah menerima penyaluran hari ini.

Diharapkan semoga melalui bantuan ini dapat bermanfaat dan kiranya dapat dipergunakan sebaik mungkin terkhususnya untuk kebutuhan sehari-hari, seperti membeli sembako dan sebagainya," pesannya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: