Suhu di Muara Enim Panas Ekstrem, Sampai 34 Derajat Celcius.

Suhu di Muara Enim Panas Ekstrem, Sampai 34 Derajat Celcius.

TERIK PANAS : Tampak kondisi suhu udara di Kota Muara Enim sangat terasa menyengat.--

MUARA ENIM, PALPOS.ID- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut per tanggal 14 April 2023 pukul 13.00 WIB suhu udara wilayah Kabupaten Muara Enim mencapai 34 derajat celcius dengan kelembapan udara mencapai 65 persen dan angin bergerak dari barat laut dengan kecepatan 10 km/jam.

Diperkirakan suhu udara mengalami penurunan pada pukul 16.00 WIB dengan suhu normal mencapai 31 derajat celcius dengan kelembapan 75 persen. Sedangkan dimalam hari diprediksi berawan dengan suhu udara 26-25 derajat celcius dengan kelembapan 90 persen.

Kondisi panas ini menjadi keluhan masyarakat di Bumi Serasan Sekundang.

“Cuaca kali ini tidak seperti biasanya. Terik matahari sangat terasa menyengat sejak beberapa hari terakhir sehingga membuat sungkan untuk beraktivitas di luar,” keluh Avian (32), warga Kota Muara Enim.

BACA JUGA:Titan Group Bagikan 5.875 Paket Sembako di Empat Kabupaten

Kepala BPBD Kabupaten Muara Enim H Rozieq ST MT, mengatakan sesuai laporan BMKG Sumatera Selatan bahwa suhu udara mencapai 34°C sampai dengan 25°C sering terjadi pada jam 11.00 hingga 15.00 WIB. 

Pada jam-jam tersebut penyinaran matahari mencapai intensitas maksimum dan membuat pemanasan pada permukaan bumi. “Ini tidak semua suhu maksimum pada berada jam-jam tersebut. Apabila pada jam jam tersebut ada juga cuaca kondisi hujan,” katanya.

Dirinya, imbauan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Muara Enim agar mengurangi beraktivitas diluar rumah. Terutama bagi masyarakat yang melaksanakan ibadah puasa untuk mengurangi dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. “Pada saat berbuka puasa dihimbau untuk banyak minum air putih/mineral dan banyak mengkonsumsi buah-buahan serta makanan yang bergizi,” imbuhnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: