Hujan Deras, Ratusan Rumah di Tiga Kelurahan Prabumulih Terendam Banjir

Hujan Deras, Ratusan Rumah di Tiga Kelurahan Prabumulih Terendam Banjir

Suasana banjir di Kelurahan Sukaraja Kota Prabumulih, Senin (01/5). Foto: Prabu/Palpos.Id--

PRABUMULIH, PALPOS. ID - Hujan deras yang melanda Kota Prabumulih dan sekitarnya pada Senin 5 Mei 2023, membuat puluhan rumah warga di 3 kelurahan di Kota Prabumulih, terendam banjir.

Ratusan rumah yang terendam banjir tersebut, terletak di Kelurahan Sukaraja dan Kelurahan Majasari Kecamatan Prabumulih Selatan serta Kelurahan Prabumulih Kecamatan Prabumulih Barat.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Prabumulih, Sriyono SH MSi mengatakan, ketinggian air yang merendam rumah warga tersebut cukup bervariasi mulai dari 20 cm hingga 50 cm.

BACA JUGA:Terkenal Sangat Licin,Spesialis Pencuri Rumah Kosong diamankan

“Banjir ini disebabkan oleh hujan deras yang berlangsung sejak Senin 1 Mei 2023 dini hari hingga pagi hari. Akibatnya, terjadi genangan air karena aliran air sungai meluap,” ungkap Sriyono ketika dikonfirmasi melalui pesan whatsapp.

Ketika ditanya berapa total jumlah rumah warga yang terdampak banjir, Sriyono menuturkan hingga saat ini pihaknya masih melakukan pendataan bersama-sama dengan pihak kelurahan.

“Kalau jumlah pasti kita belum ada karena masih dilakukan pendataan, namun perkiraan rumah yang terendam banjir jumlahnya mencapai ratusan,” ujarnya.

BACA JUGA:5 Calon Daerah Otonomi Baru di Provinsi Lampung, 2 Diantaranya Tinggal Tunggu Moratorium Dicabut...

Dikatakan Kalaksa BPBD Kota Prabumulih, pemerintah kota (Pemkot) Prabumulih melalui asisten bidang kesejahteraan rakyat (Kesra) dan kepala dinas Kominfo telah terjun langsung meninjau kondisi warga yang terendam banjir tersebut.

“Pemerintah Kota Prabumulih juga sudah memberikan bantuan nasi bungkus, bagi warga yang terdampak serta memberikan bantuan air bersih di sejumlah titik banjir,” tuturnya.

BACA JUGA:Dunia Pendidikan Muba Patut Bangga, Ini, Loh ! Komitmen Pemkab Muba

Selain itu kata Sriyono, pemerintah melalui dinas kesehatan juga menerjunkan tim kesehatan. “Tim dari PSCC 119 juga sudah disiagakan memberikan bantuan medis bagi masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: