Ini Lho 2 Usulan Daerah Otonomi Baru Pemekaran Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan...

Ini Lho 2 Usulan Daerah Otonomi Baru Pemekaran Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan...

Pemekaran Kabupaten Muara Enim yang rencananya akan membentukan dua kabupaten baru, yaitu Kabupaten Rambang Lubai Lematan atau R2L, dan Kabupaten Gelumbang.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Adapun potensi di Kabupaten Rambang Lubai Lematang, yakni adanya kekayaan alam berupa minyak bumi, gas, batubara, perkebunan sawit, lahan pertanian serta potensi sumber daya alam atau SDA lainnya.

2.Kabupaten Gelumbang

Kabupaten Gelumbang juga merupakan pemekaran dari Kabupaten Muara Enim. Ada 6 kecamatan siap bergabung, yaitu Kecamatan Gelumbang; Kecamatan Muara Belida; Kecamatan Sungai Rotan; Kecamatan Lembak; Kecamatan Belida Darat; dan Kecamatan Kelekar.

Ketua Presidium Kabupaten Gelumbang yakni Rani Kodim, serta Ketua Dewan Pembina H Hanan Zulkarnain yang juga mantan Wabup Muara Enim.

BACA JUGA:Apa Kabar Rencana Pemekaran 2 Kabupaten di Provinsi Bengkulu? Ini Penjelasannya...

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jambi Bakal Tambah 2 Kabupaten, Bukan Tambah Provinsi Baru...

Pembentukan Kabupaten Gelumbang juga didukung mantan Wabup Muara Enim lainnya H Nurul Aman, serta sejumlah tokoh masyarakat.

Kabupaten Gelumbang terdiri dari 76 desa dan 1 kelurahan, dengan luas wilayah 1.65 ribu kilometer persegi.

Untuk Kabupaten Gelumbang ini sangat berpeluang menjadi kabupaten baru. Sebab sudah disetujui Bupati Muara Enim, DPRD Muara Enim, DPRD Sumsel dan juga disetujui oleh Gubernur Sumsel. 

Jika kran moratorium dibuka Pemerintah Pusat, bukan tidak mungkin DOB Gelumbang masuk dalam pembahasan DPR RI dan Pemerintah Pusat untuk masuk dalam persetujuan DOB baru di Indonesia.

BACA JUGA:3 Provinsi Bakal Bentuk Provinsi Sumatera Tengah Sama dengan Provinsi Sumselbar Pemekaran Provinsi Sumsel...

BACA JUGA:5 Calon Daerah Otonomi Baru di Provinsi Lampung, 2 Diantaranya Tinggal Tunggu Moratorium Dicabut...

“Saya mendukung penuh pemekaran DOB Gelumbang. Kita akan kirim surat resmi ke Mendagri terkait usulan DOB Gelumbang ini,” ucap Herman Deru pada suatu kesempatan saat menerima audiensi presidium DOB Gelumbang di Pemprov Sumsel.

Herman Deru mengaku siap mengawal DOB Gelumbang dan beberapa daerah lain yang ingin mekar menjadi Kabupaten baru seperti Kikim Area dan lainnya. “Sumsel memang masih perlu adanya pembentuk DOB baru,” urai Gubernur pada kesempatan tersebut.

Diketahui secara geografis, Kabupaten Muara Enim berada di posisi 4-6 derajat Lintang Selatan dan 104– 106 derajat Bujur Timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: