5 Calon Kabupaten-Kota Baru di Provinsi Jawa Tengah, Ini Daftarnya..

5 Calon Kabupaten-Kota Baru di Provinsi Jawa Tengah, Ini Daftarnya..

5 Calon Kabupaten-Kota Baru Pemekaran Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Majenang salah satu kabupaten baru pemekaran wilayah Cilacap.--youtube@mahasiswa geografi

JAWA TENGAH, PALPOS.ID- Wacana pemekaran Provinsi JAWA TENGAH kembali bergulir. Provinsi dengan jumlah penduduk yang cukup padat ini, disebut-sebut memiliki 5 calon kabupaten-kota baru.

Saat ini, Provinsi Jawa Tengah memiliki 6 kota dan 29 kabupaten.

Dikutip palpos.id dari akun youtube@mahasiswa geografi  ada 5 calon kabupaten/kota baru di Provinsi Jawa Tengah.

Luas provinsi Jateng sekitar 32,801 km2 dan populasi 36,52 juta jiwa. Provinsi Jateng merupakan provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia setelah Jawa Barat dan Jawa Timur.

BACA JUGA:Sejak 2018 Wacanakan Bentuk Kabupaten Daerah Otonomi Baru Pemekaran Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara

BACA JUGA:Wacana Bentuk 2 Kota Daerah Otonomi Baru Pemekaran Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulut

1. Kabupaten  Majenang atau Cilacap Barat

Kabupaten ini rencananya merupakan pemekaran dari kabupaten Cilacap. Ada 10 kecamatan yang rencananya akan masuk kabupaten ini. Yakni, Kecamatan Dayeuluhur, Majenang, Wanareja, Cimanggu, Cipari, Karangpucung, Sidareja, Gandrungmangu, Kedungreja, Patimuan.

2. Kabupaten Brebes Selatan

Rencananya akan ada 6 kecamatan yang masuk kabupaten ini. Yakni, Kecamatan Salem, Tonjong, Sirampog, Bantarkawung, Bumiayu, Paguyangan.

3. Kabupaten Banyumas Barat

Ada 8 kecamatan yang masuk kabupaten ini. Yakni, Kecamatan Gumelar, Pakuncen, Cilongok, Ajibarang, Lumbir, Patikraja, Wangon, Jatilawang.

BACA JUGA:Selain Bentuk 2 Provinsi, Provinsi Sulawesi Utara Wacanakan Pemekaran 7 Kabupaten dan Kota Daerah Otonomi Baru

BACA JUGA:3 Calon Provinsi Baru di Jawa Tengah, Wilayah Mana Saja Ya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: