Kemiri Bukan Sekedar Bumbu loh, Bisa Untuk Obat Penyakit Jantung

Kemiri Bukan Sekedar Bumbu loh,  Bisa Untuk Obat Penyakit Jantung

Kemiri Bukan Sekedar Bumbu loh, Bisa Untuk Obat Penyakit Jantung.Foto:Maryati/Palpos.Id--

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID.- Kemiri dengan nama ilmiah Aleurites Moluccanus, bukan sekedar bumbu dapur loh.  

Kemiri kaya akan nutrisi. Selain tinggi kalori, Kemiri juga tinggi lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan. Di dalam Kemiri juga terkandung protein, karbohidrat, serat, kalium kalsium, juga fosfor.

Kemiri juga mengandung berbagai zat gizi mikro yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti natrium, zinc dan vitamin B.

BACA JUGA:Nggak Perlu Ribet, Ini Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan
 
Nutrisi dan zat gizi yang terkandung dalam kemiri inilah kemudian dimanfaatkan untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Mulai dari rambut yang tipis dan kurang subur, penuaan dini, kolesterol hingga masalah jantung.

Ya, untuk mengatasi masalah rambut. Orang-orang dulu menggunakan kemiri sebagai minyak dan penyubur rambut. Sehingga rambut yang tipis menjadi lebat, hitam dan berkilau, dan terpenting tidak mudah rontok.

Seiring perkembangan minyak rambut kemiri sudah banyak diedarkan di pasaran. Sehingga untuk kamu yang tinggal di wilayah perkotaan, bisa langsung beli saja minyak kemiri yang siap pakai untuk menyuburkan dan membuat rambut hitam berkilau, serta tidak muda rontok.

BACA JUGA:LG G4, HP Android Standar Kekinian dengan tampilan Keren Namun Harga 'Miring'

Antioksidan yang didapat dari senyawa alami flavonoid dan fenolik dalam kemiri juga bisa membantu mengatasi masalah penuaan dini akibat terpapar sinar UV matahari yang berlebihan.

Antioksidan dalam kemiri juga mempercepat penyembuhan luka dan iritasi pada kulit.

Lemak tak jenuh dalam kemiri dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Sehingg kadar kolesterol dalam darah dapat terjaga.

Kemiri juga dapat membantu masalah jantung. Karena lemak tak jenuh  dalam kemiri dapat mengurangi pembekuan darah dan detak jantung yang tidak teratur.  Dengan begitu resiko terkena penyakit jantung atau serangan jantung dan stroke akan berkurang.

BACA JUGA:Tahu Gak, Pantai Tebing Kalap Destinasi Andalan di Kalimantan Tengah

Untuk kamu yang sudah mengidap penyakit jantung, jangan sedih dulu. Karena kamu bisa mengobatinya d Ngan cara alternatif atau secara herbal dengan menggunakan kemiri.

Caranya,  ambil 3-4 biji kemiri, lalu cuci bersih. Kemudian rebuslah kemiri tersebut dengan air sekitar 2 gelas. Setelah airnya mendidih dan menyusut tinggal kira-kira segelas lagi, matikan kompor dan biarkan airnya dingin.

Lalu saring air kemiri tersebut masukan gelas dan siap diminum. lakukan setiap pagi, jangan kaget setelah kamu melakukan pemeriksaan kesehatan, jantung kamu yang tadinya bermasalah sudah sembuh.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan orang-orang tercinta.Selamat mempraktekannya di rumah. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: