Nadiem Makarim Gagas Rekrutmen Guru Harus Pakai Aplikasi Lokapasar, Ini Tanggapan Pengamat Pendidikan Sumsel..

Nadiem Makarim Gagas Rekrutmen Guru Harus Pakai Aplikasi Lokapasar, Ini Tanggapan Pengamat Pendidikan Sumsel..

Ilustrasi tenaga pendidik.--

PALEMBANG, PALPOS.ID - Kemendikbud RI Nadiem Makarim, mengeluarkan gagasan terkait soal soal rekrutmen guru  melalui program marketplace atau 'aplikasi lokapasar', hal tersebut menjadi sorotan salah satu Pengamat Pendidikan Sumsel, Lukman Haris.

"Seharusnya Menteri Pendidikan jangan dulu terlalu banyak gagasan, sekarang ini yang penting harus dipikirkan itu adalah guru-guru yang sudah honor berpuluh-puluh tahun dengan gaji yang sangat rendah hanya 300 ribu mungkin kurang, itu yang harus dipikirkan itu dulu yang harus diangkat statusnya sebagai P3K," ujarnya saat dibincangi via telepon, Selasa (30/5/2023).

BACA JUGA:Kasus PPDB di Lubuklinggau Dilaporkan ke Kejati, MAKI Sumsel : PPDB Harus Transparan!

Kemudian, lanjut Lukman, selain guru harusnya tenaga kependidikan seperti tata usaha dan perpustakaan yang juga sudah mengabdi lama perlu dibantu untuk diangkat menjadi PPPK.

"Sampai sekarang tidak ada kuota untuk yang jadi PPPK, padahal mereka ini juga punya gaji yang sangat kecil tetapi mereka sangat tekun bekerja," lanjut Lukman.

BACA JUGA:Warga Laporkan Saluran Air Tersumbat Lewat Sosmed, Begini Tanggapan Sekda Palembang...

Menurutnya, tugas Mendikbud RI sekarang adalah menuntaskan terlebih dahulu para guru yang sudah lama menjadi tenaga honorer.

"Kemudian tenaga kependidikan yang sudah honor lama dengan gaji yang kecil diangkat dulu jadi P3K, itu yang penting dulu," imbuhnya.

BACA JUGA:Hijab Pashmina Juga Perlu Dirawat Loh! Berikut Delapan Tips Merawat Pashmina Sifon Agar Tetap Awet...

Lukman menuturkan, artinya aplikasi Lokapasar untuk saat ini belum tepat diterapkan.

"Saya kira belum tepat, karena itu tadi masih banyak teman-teman guru tadi ini yang sudah mengabdi lama mengharapkan mereka itu diangkat menjadi guru P3K minimal, kalau mungkin guru PNS," tuturnya.

BACA JUGA:Buah Murbei Punya Segudang Manfaat, Bisa Jadi Penambah Imun

Lukman menambahkan, jika ini sudah selesai artinya ingin dimuat aplikasi Lokapasar sangat dipersilahkan.

"Kalau semuanya sudah teratasi ya boleh boleh saja, tapi harus dipikir dulu ya kira-kira untuk guru-guru tertentu saja dulu lah mungkin untuk guru SMA, tapi kalau untuk guru SD misalnya guru SMP saya kira belum bisa juga karena mungkin saya memprediksi untuk Lokapasar itu ya seperti misalnya yang bersangkutan itu maunya kemana, kemampuannya bagaimana dan sebagainya," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: