Rekam 2990 Lebih Pelanggaran Setiap Hari

Rekam 2990 Lebih Pelanggaran Setiap Hari

Tampak petugas mencatat pelanggaran yang dilakukan pengendara.-Foto : Febi/Palpos-

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Satlantas Polres Muara Enim mencatat setidaknya 2990 terjadi pelanggaran lalu lintas dalam sehari.

Hal tersebut terekam dari peralatan Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang terpasang di tiga titik di Kota Muara Enim.

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi SIK SH MH melalui Kasat Lantas Polres Muara Enim AKP Suwandi SH MSi, mengatakan bahwa ETLE sudah berlaku dimana banyak pelanggaran yang terekam dari kamera ETLE ini.

BACA JUGA:Aksi Massa Blokir Angkutan Batubara Terus Berlanjut

"Untuk kamera ETLE semua sudah aktif yakni di Jalan SMB II, Jalan Ahmad Yani depan BPN dan Jalan Lintas Muara Enim simpang Kepur;" ujar Suwandi, Senin (12/6).

Lanjutnya, dari masing-masing kamera tersebut merekam banyak sekali pelanggaran terutama sepeda motor yang banyak tidak menggunakan helm.

"Misalnya di simpang kepur ada 1.261 pelanggaran, SMB II 1.123 pelanggaran dan Jalan Ahmad Yani 606 pelanggaran total 2.990 pelanggaran jadi hampir 3.000 pelanggaran dalam sehari," bebernya.

BACA JUGA:Plt Bupati Muara Enim Lantik 277 ASN

Bahkan, satu kendaraan dalam sehari bisa delapan kali melakukan pelanggaran terutama sepeda motor, itu karena kekurang tahuan dan memang merupakan warga sekitar.

"Pelanggar ini kami kirimi surat beserta foto pelanggarannya dan harus datang paling lama 10 hari, kalau tidak akan di blokir," tegasnya.

Dalam sehari, lanjutnya, Polres Muara Enim sudah mengirimkam 15-20 surat ke pelanggar baik itu di dalam wilayah Kabupaten Muara Enim maupun di luar kota. "Paling jauh pernah diantar yakni ke daerah Banyuasin," tuturnya.

BACA JUGA:Selama Penas, Kaffah Minta Jaga Nama Baik Daerah

Pelanggar harus datang ke Satlantas setelah menerima surat agar tahu apa kesalahan yang dilakukan dan tidak melakukan pelanggaran lagi.

"Karena bisa saja motor tersebut sudah dijual atau dipinjam, pemilik kendaraan harus mengklarifikasinya apabila itu terjadi," terangnya.

Lanjutnya, ada sekitar 20 kendaraan yang diblokir atas pelanggaran yang terekam oleh kamera ETLE.

BACA JUGA:44 Pasangan Ikuti Sidang Isbat Nikah

"Kami himbau untuk taat berlalu lintas, kalau bermotor harus menggunakam helm, menyetir juga harus mengenakam safety belt, dan jangan menggunakan Hp saat berkendara" ujarnya.

Masih katanya,kalau pun lewat dari ETLE pelanggaran tersebut masih bisa ditilang karena sekarang sudah berlaku tilang manual.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: