Wacana Daerah Otonomi Baru Pemekaran Provinsi Jawa Timur, 7 Kabupaten Kota Gabung Provinsi Blambangan

Wacana Daerah Otonomi Baru Pemekaran Provinsi Jawa Timur, 7 Kabupaten Kota Gabung Provinsi Blambangan

Menggali Potensi dan Tantangan Pemekaran Provinsi Blambangan Madura dan Mataraman di Jawa Timur.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Yakni Luas Provinsi Jawa Timur mencapai 48.037 kilometer persegi. Kemudian penduduk Jawa Timur 40.66 juta jiwa lebih sesuai data BPS tahun 2021 yang lalu.

Sementara Direktur Pengurus dan Otonomi Daerah Setda Jawa Timur Jempin Marbun, menyatakan kabar pemekaran Provinsi Jawa Timur itu belum bisa dipastikan.

BACA JUGA:Pulau Madura Calon Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Jawa Timur Ternyata ‘Gudang’ Artis, Ada Penyanyi dan Model

BACA JUGA:5 Objek Wisata Bukit di Provinsi Madura Daerah Otonomi Baru Pemekaran Provinsi Jawa Timur, Ada Bukit Cinta...

Bahkan, sejauh ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur belum menemukan undang-undang untuk membagikan provinsi baru pemekaran Provinsi Jawa Timur tersebut.

‘’Jadi dapat dikatakan bahwa pemekaran Provinsi Jawa Timur hanya merupakan pembahasan dan usulan yang selama ini belum terealisasi,” tegas Jempin Marbun beberapa waktu yang lalu.

Sedangkan, Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti setuju saja jika adanya daerah otonomi baru termasuk usulan Provinsi Blambangan.

Hanya saja, LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta pembentukan itu harus melalui kajian matang dan sesuai prosedur yang berlaku.

BACA JUGA:Ada 7 Alasan Pembentukan Daerah Otonomi Baru Provinsi Madura Pemekaran Provinsi Jawa Timur

BACA JUGA:2 Opsi Pemekaran Kabupaten Bangkalan Provinsi Jawa Timur Bentuk Kota Atau Kabupaten Daerah Otonomi Baru?

‘’Kapuspen Kemendagri Benny Irwan sebelumnya menegaskan jika pemekaran daerah atau DOB di wilayah Jatim masih sebatas itu,” tegas LaNyalla Mahmud Mattalitti beberapa waktu yang lalu.

Dan yang jelas, sambung LaNyalla Mahmud Mattalitti, jika pemekaran wilayah bukanlah bertujuan untuk bagi-bagi jabatan dan berbagi kekuasaan.

‘’Sebab, calon daerah otonomi baru harus miliki potensi SDA, SDM, sumber ekonomi, sehingga bisa mandiri,” sambung LaNyalla Mahmud Mattalitti.

Diberitakan Palpos.id sebelumnya, karena penduduknya yang padat maka diusulkan untuk pemekaran Provinsi di Pulau Jawa.

BACA JUGA:Demi Provinsi Madura Usul Daerah Otonomi Baru Pemekaran Kabupaten Pamekasan Provinsi Jawa Timur, Ini Namanya..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: