Nihil! Begini Antisipasi Dinas TPHP Muba Hindari Penyakit Rabies...

Nihil! Begini Antisipasi Dinas TPHP Muba Hindari Penyakit Rabies...

Kabid Peternakan dan Keswan, H Muslim, Selasa (27/6).-Foto: Romi-

SEKAYU, PALPOS.ID - Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menyampaikan bahwa kasus rabies di Muba saat ini nihil.

"Untuk kasus penyakit rabies di Muba tidak ditemukan kasusnya," ujar Kepala Dinas TPHP Muba, Thamrin melalui Kabid Peternakan dan Keswan, Muslim saat diwawancarai langsung pada, Selasa (27/6).

Ia menjelaskan untuk mengantisipasi terjadinya penyakit rabies yakni dengan cara memberikan sosialisasi dan meminta warga untuk mengurung terlebih dahulu anjing liar yang masih berkeliaran.

BACA JUGA:Dua Unit Rumah Warga Batukuning Ludes Terbakar

“Teknisnya mereka harus mengrimkan surat permintaan terlebih dahulu ke Dinas terkait, karena kita ada program eliminasi anjing dan barulah nanti kemudian kita akan eliminasinya dengan cara memberikan racun kepada anjing melalui makanan,” jelasnya.

Lebih lanjut, setelah dieliminasi kemudian tubuh anjing di kubur sesuai dengan ketentuan yang ada.

"Kita lakukan eliminasi setahun sekali, di Muba ada beberapa kecamatan yang diketahui ada anjing liarnya yakni Sungai Lilin dan Babat Toman," lanjutnya.

BACA JUGA:Manfaat campuran jeruk Nipis dan Kecap Untuk Mengatasi Batuk

Ia menuturkan bahwa warga di Kabupaten Muba sudah cukup sadar akan penyakit yang  disebabkan oleh gigitan ataupun cakaran dari hewan seperti anjing, monyet dan beberapa hewan pengerat lainnya.

"Masyarakat rata-rata hanya memelihara kucing atau anjing, kalau kera jarang ada kecuali mungkin kera liar," tuturnya.

Ia mengatakan kesadaran warga yang memiliki hewan peliharan cukup tinggi termasuk untuk membawanya ke pusat kesehatan hewan (puskeswan).

BACA JUGA:Dulu Viral untuk Obat Covid-19, Daun Sungkai Ternyata Punya Banyak Khasiat Lain…

“Di Muba ini ada tiga kecamatan yang memiliki puskeswan yakni di daerah Plakat Tinggi, Sungai Lilin dan Sekayu yang masing-masing memiliki Dokter hewannya,” kata Muslim.

Ia mengimbau kepada warga Muba agar menghindari kalau ketemu hewan liar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: