Profil 5 Daerah Calon DOB Provinsi Baru Provinsi Ketapang Pemekaran Provinsi Kalimantan Barat

Profil 5 Daerah Calon DOB Provinsi Baru Provinsi Ketapang Pemekaran Provinsi Kalimantan Barat

Profil 5 Daerah Calon DOB Provinsi Baru Provinsi Ketapang Pemekaran Provinsi Kalimantan Barat, yaitu Kota Ketapang, Kabupaten Jelai Kendawangan Raya, Kabupaten Tumbang Titi, Kabupaten Hulu Aik, dan Kabupaten Kayong Utara.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Dengan dua kecamatan itu tentu belum mencukupi syarat untuk membentuk Kota otonom, hingga akan dilakukan pemekaran kecamatan lagi.

Yakni Kecamatan Delta Pawan yang terdiri dari 5 kelurahan dan empat desa akan dipecah menjadi dua kecamatan lagi.

Yaitu membentuk Kecamatan Delta Pawan Barat dengan wilayah Desa Suka Bungin, Desa Paya Kumang, Desa Kali Nilam, dan Desa Suka Bangun Dalam.

BACA JUGA:Wilayah IKN Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur 3 Kali Luas Singapura, 65 Persen Wilayah Tetap Hutan Tropis

BACA JUGA:2 Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur Bentuk Provinsi Baru untuk Penyangga IKN Nusantara, Ini Rencananya...

Serta Kecamatan Delta Pawan Timur yang meliputi Kelurahan Kantor, Kelurahan Mulia Baru, Kelurahan Tengah, Kelurahan Sampir, dan Kelurahan Sukaharja.

Kemudian, Kecamatan Benua Kayong juga akan dipecah menjadi dua kecamatan yaitu Kecamatan Benua Kayong Barat dan Kecamatan Benua Kayong Timur.

Untuk Kecamatan Benua Kayong Barat terdiri dari Desa Suka Baru, Desa Baru, Desa Kinjil, Desa Kauman, Desa Kinjil Pesisir, dan Desa Banjar.

Sedangkan untuk Kecamatan Benua Kayong Timur terdiri dari Desa Mekar Sari, Desa Negeri Baru, Desa Padang, Desa Tuan Tuan, dan Desa Mulia Kerta.

BACA JUGA:Usul Bentuk 2 Provinsi Daerah Otonomi Baru Pemekaran Provinsi Kalimantan Tengah, Penyangga Ibukota Negara...

BACA JUGA:5 Kabupaten Siap Bentuk Daerah Otonomi Baru Provinsi Kapuas Raya Pemekaran Provinsi Kalimantan Barat...

Nantinya, luas wilayah Kota Ketapang mencapai 423 kilometer persegi. Terdiri dari luas Kecamatan Delta Pawan 74 kilometer persegi, dan luas Kecamatan Benua Kayong 349 kilometer persegi.

Kemudian, jumlah penduduk Kota Ketapang nantinya 138.008 jiwa sesuai hasil sensus penduduk BPS tahun 2022 yang lalu.

Jumlah penduduk itu terdiri dari Kecamatan Delta Pawan 92.213 jiwa atau kepadatan penduduk mencapai 1.246 jiwa per kilometer persegi.

Serta jumlah penduduk Kecamatan Benua Kayong 45.795 jiwa atau kepadatan penduduk mencapai 131 jiwa per kilometer persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: