Ternyata Sekarang Motor Baru Tidak Perlu Inrayen, Berikut Penjelasannya...

Ternyata Sekarang Motor Baru Tidak Perlu Inrayen, Berikut Penjelasannya...

Motor baru pada masa kini tidak perlu lagi adanya masa inrayen. -Foto: Koer-PALPOS.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID - Sering jadi pertanyaan orang ketika membeli motor baru, apakah harus inrayen dulu ?

Dulu waktu orang tua kita membeli motor baru diperingati oleh pebengkel atau pada buku petunjuk pada motor untuk melakukan masa inrayen terlebih dahulu selama beberapa waktu.

Inrayen sendiri berfumgsi agar oli di dalam mesin motor melumasi piston dan part-part yang ada di dalam mesin motor secara merata.

BACA JUGA:Pilihan Alternatif Murah, MPV Wuling New Confero Bisa Muat 8 Orang Loh

Pada motor baru jaman dulu part-part serta kondisi pinston masih dalam kondisi rapat semenjak keluar dari pabrikan motor.

Agar tidak terjadi kerusakan pada mesin motor baru karena kondisi part-part masih dalam keadaan rapat mesin motor butuh pelumasan atau dalam artian mesin motor baru harus beradaptasi dengan kondisi akan dipakai harian nantinya.

Pada masa inrayen motor baru di anjurkan menjalankannya menempuh jarak di  sekitar 500 km atau selama 1 mingguan pemakaian motor dari baru.

BACA JUGA:Honda Dream 125 Super Irit, Pecinta Motor Bebek Retro Klasik Wajib Punya

Motor baru dalam masa inrayen tidak boleh langsung di geber dengan kecepatan tinggi atau bermanuver secara ekstrim, cukup dengan kecepatan 40 km/jam saja dan tidak diperbolehkan pula mengangkut beban lebih 100 kg atau berboncengan.

Memang cukup merepot kan ketika orang membeli motor baru pada jaman dulu.

Namun pada mesin motor sekarang ini masa inrayen sudah tidak perlu di lalukan lagi karena motor baru sudah siap di pakai, bahkan sudah siap berboncengan atau angkut beban lebih kurang 170 kg saja.

BACA JUGA:Evalube x Legend Riders Kembali Berkolaborasi, Jelajahi Keindahan Alam Indonesia - ‘Tour of Sumatera 2023’

Oli motor pada mesin harus di ganti baru pada jarak 1000 km  pertama semenjak pembelian motor dari baru.

Nah bagi anda yang baru membeli motor jangan takut lagi untuk menggunakan motor baru anda lakukanlah sesuai dengan anjuran pedoman buku petunjuk pada motor baru anda.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: