Ini Dia 21 Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan

Ini Dia 21 Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan

Ketumbar.--Grid.id

PALEMBANG, PALPOS.ID - Ketumbar dikenal oleh  para ibu sebagai bumbu masak. Ketumbar yang hampir mirip dengan merica ini, ternyata tak hanya membuat masakan menjai lebih enak, tetapi juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Ketumbar mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium dan fosfor. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Untuk mengkonsumsi air rendapan ketumbar sebagi obat, sebaiknya kita mengetahui dosis dan efek sampingnya.

Ada beberapa kondisi penderita seperti penyakit hati, gangguan pernapasan, kulit sensitif dan alergi terhadap ketumbar, tidak boleh mengkonsumsi rendaman ketumbar.

Membuat rendaman ketumbar sangat mudah cukup dengan merendam ketumbar menggunakan air panas selama semalam. Bisa juga dengan cara menyangrai ketumbar kemudian direbus hingga mendidih. 

Dilansir dari Healthline.com, di Amerika Serikat, biji Coriandrum Sativum disebut ketumbar, sedangkan daunnya disebut cilantro. Tanaman ini juga dikenal sebagai peterseli Cina. 

BACA JUGA:Selain Buahnya, Daun Sukun Ternyata Bisa di Konsumsi dan Bermanfat Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat ketumbar untuk kesehatan:

1. Mengatasi flu dan batuk

Penyakit flu dan batuk sering kali dianggap sepele. Jika dibiarkan penyakit ini dapat mengganggu aktivitas dan membuat tidak nyaman.

Salah satu obat alami yang bisa dicoba adalah dengan memanfaatkan ketumbar. Biji ketumbar dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat menyembuhkan flu. 

Vitamin C pada ketumbar adalah antioksidan yang sangat penting bagi tubuh. Sistem imun inilah yang membuat virus dan bakteri sulit menginfeksi tubuh. 

2. Mengatasi gangguan pencernaan 

Gangguan pencernaan seperti diare, perut kembung, sembelit dan cacingan bisa diobati dengan ketumbar. Dengan meminum air rebusan atau rendaman ketumbar dapat mengatasi sindrom iritasi usus besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: