Usulan 2 Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Sumatera Barat Buat Kabupaten Solok Selatan Bingung

Usulan 2 Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Sumatera Barat Buat Kabupaten Solok Selatan Bingung

Usulan 2 Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Sumatera Barat Buat Kabupaten Solok Selatan Bingung, pilih Provinsi Puncak Andalas atau Provinsi Sumatera Tengah.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SOLOK SELATAN, PALPOS.ID – Ada usulan 2 provinsi baru pemekaran Provinsi Sumatera Barat buat Kabupaten Solok Selatan Bingung.

Pembentukan 2 provinsi baru itu merupakan gabungan antara Provinsi Sumatera Barat dengan provinsi lain, yakni Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu, dan Provinsi Riau.

Dimana, dalam usulan 2 provinsi baru itu Kabupaten Solok Selatan yang memiliki luas wilayah 3.346 kilometer persegi itu semuanya tergabung.

Kedua provinsi baru yang diusulkan itu yakni Provinsi Puncak Andalas dengan calon ibukota di Kota Sungai Penuh, dan Provinsi Sumatera Tengah dengan calon ibukota di Kabupaten Dharmasraya.

BACA JUGA:UPDATE TERBARU! Pemekaran Provinsi Sumatera Barat Bentuk 2 Provinsi Baru, Tapi Bergabung Provinsi Lain

BACA JUGA:5 Wisata Pantai Eksotis di Kota Dumai Calon Ibukota Provinsi Riau Pesisir Pemekaran Provinsi Riau

Secara resmi Provinsi Sumatera Barat tak mengajukan pemekaran wilayah atau pemekaran daerah untuk provinsi baru.

Namun, ada usulan beberapa pemekaran daerah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat atau Sumbar tersebut, terus bergulir hingga saat ini.

Akan tetapi, update terbaru menyatakan Pemekaran Provinsi Sumatera Barat bentuk 2 Provinsi baru, tapi bergabung provinsi lain.

Sebab, beberapa kabupaten di Provinsi Sumatera Barat bersama kabupaten dari Provinsi lain wacanakan bentuk provinsi DOB, meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat.

BACA JUGA:Ini Fakta Menarik Kota Dumai Calon Ibukota Provinsi Riau Pesisir Pemekaran Provinsi Riau

BACA JUGA:Kilang Minyak Terbesar Indonesia Ada di Kota Dumai Calon Ibukota Provinsi Riau Pesisir Pemekaran Provinsi Riau

Adapun kedua provinsi daerah otonomi baru hasil pemekaran gabungan provinsi termasuk Provinsi Sumatera Barat itu, yakni sebagai berikut:

1.Provinsi Puncak Andalas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: