Tiga SMK Negeri di Palembang Dapat Pelatihan Konversi Motor Listrik dari PT PLN Unit Induk Distribusi S2JB

Tiga SMK Negeri di Palembang Dapat Pelatihan Konversi Motor Listrik dari PT PLN Unit Induk Distribusi S2JB

General Manager PLN UID S2JB Amaris Adnan bersama Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Sumsel saat mencoba motor listrik dari SMK N 2 Palembanh, Selasa (8/8).-Foto: Tia-

PALEMBANG, PALPOS.ID - Tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di PALEMBANG mendapat pelatihan konversi motor listrik dari PT PLN Unit Induk Distrubusi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (S2JB).

"Pelatihan hari ini diikuti oleh 20 guru dan 180 siswa yakni siswa dari SMK N 2, SMK N 4, dan SMK N 7, pelatihan konversi teknis ini membahas mengenai cara mengubah sepeda motor bahan bakar minyak menjadi motor listrik," ujar General Manager PLN UID S2JB Amaris Adnan, Selasa (8/8/2023).

Ia mejelaskan tujuan dari kegiatan ini dalam rangka memperbanyak bengkel konversi motor listrik terutama di Sumsel.

BACA JUGA:Aliran Listrik PLN Padam Tanpa Pemberitahuan, Panel dan Pompa PDAM Tirta Prabujaya Rusak

"Sebab saat ini jumlah bengkel konversi kendaraan listrik di Indonesia hanya delapan unit yang telah terdaftar di platform, maka dari itu PLN bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Sumsel memberikan pelatihan bagi para guru dan siswa SMK di Sumsel," jelasnya.

Ia mengungkapkan jika pelatihan tersebut selain untuk sosialisasi tujuannya juga sekaligus untuk memicu masyarakat agar beralih kendaraan listrik berbasis baterai.

"Dengan adanya pelatihan ini akan banyak tenaga-tenaga yang bisa menkonversikan motor konvensional ke motor listrik sehingga nantinya masyarakat banyak beralih ke kendaraan listrik," ungkap dia.

BACA JUGA:Wawako Minta PLN Beri Sosialisasi Pencegahan Korsleting Listrik pada Masyarakat

Ia berharap pelatihan ini dapat kemberi manfaat berkelanjutan bagi siswa dan juga ilmu yang didapat bisa dibagi ke siswa lainnya yang belum mengikuti pelatihan.

"Dengan pelatihan ini, kami berharap mengikuti pelatihan tersebut dapat berbagi ilmu yang didapatkan kepada siswa lainnya, sehingga dapat memberikan manfaat berkelanjutan sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs), yakni pendidikan yang berkualitas," ucapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Sutopo menyampaikan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh PT PLN tersebut.

BACA JUGA:PLN Berhasil Transformasikan Budaya Perusahaan yang Kian Positif dan Inovatif

"Bentuk kerjasama sebagai bentuk kepedulian PT PLN terhadap dunia pendidikan kami ucapkan terima kasih setulus-tulusnya sehingga program ini dapat berjalan dengan baik dan juga telah memberikan bantuan senilai Rp268 juta kepada Disdik Sumsel," kata Sutopo.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: