Kota Padang Sidempuan Calon Ibukota Provinsi Sumatera Tenggara Pemekaran Provinsi Sumatera Utara

Kota Padang Sidempuan Calon Ibukota Provinsi Sumatera Tenggara Pemekaran Provinsi Sumatera Utara

Kota Padang Sidempuan Calon Ibukota Provinsi Sumatera Tenggara Pemekaran Provinsi Sumatera Utara.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

PADANG SIDEMPUAN, PALPOS.ID – Ada wacana pemekaran wilayah Provinsi Sumatera Utara dengan membentuk 5 calon provinsi baru. Dan dari kelima calon provinsi DOB itu salahsatunya Provinsi Sumatera Tenggara.

Rupanya Kota Padang Sidempuan calon ibukota Provinsi Sumatera Tenggara Pemekaran Provinsi Sumatera Utara tersebut. Nantinya Provinsi Sumatera Tenggara akan meliputi 58 kecamatan dan 1.426 kelurahan atau desa.

Sesuai data BPS tahun 2021, jumlah penduduk calon Provinsi Sumatera Tenggara 1.520.633 jiwa yang tersebar di 5 daerah. Yakni Kota Padang Sidempuan 225.105 jiwa, Kabupaten Mandailing Natal 472.886 jiwa, Kabupaten Tapanuli Selatan 300.911 jiwa, Kabupaten Padang Lawas 261.011 jiwa, dan Kabupaten padang Lawas Utara 260.720 jiwa.

Adapun batas wilayah calon provinsi Sumatera Tenggara nantinya, disebelah barat berbatasan dengan Samudera Hindia, dan terdapat 24 pulau masuk Kabupaten Mandailing Natal. Untuk disebelah utara berbatasan dengan Provinsi induk Provinsi Sumatera Utara, sedang di sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat.

BACA JUGA:3 Kecamatan Terluas di Daerah Calon Ibukota Provinsi Natuna Anambas Pemekaran Provinsi Kepulauan Riau

BACA JUGA:Dukungan Pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara Pemekaran Provinsi Sumatera Utara Terus Mengalir

Pemekaran daerah atau pemekaran wilayah Provinsi Sumatera Utara terus berkembang.

Sebelumnya pemekaran wilayah Provinsi Sumatera Utara atau Sumut yakni bentuk tiga provinsi baru, meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat. 

Dimana awalnya wacana pemekaran itu yakni bentuk Provinsi Kepulauan Nias, Provinsi Tapanuli dan Provinsi Sumatera Tenggara.

Akan tetapi, Update terbaru! Pemekaran Provinsi Sumatera Utara usul bentuk 5 provinsi daerah otonomi baru.

BACA JUGA:Tokoh Masyarakat Dukung Pemekaran Provinsi Sumatera Utara Bentuk Provinsi Sumatera Tenggara

BACA JUGA:Gerbang Menuju Surga Dunia Ada di Calon Provinsi Kepulauan Flores, di Sini Lokasinya

Namun, pemekaran Provinsi Sumatera Utara itu dinilai realistis, mengingat luas wilayahnya mencapai 72.981 kilometer persegi.

Kemudian, Provinsi Sumatera Utara terdiri dari 8 kota dan 25 kabupaten, dan jumlah penduduk terbanyak peringkat empat secara nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: