Gaji ASN, TNI dan Polri Naik 8 Persen : Meningkatkan Kinerja Pegawai Melalui Insentif Berbasis Prestasi

 Gaji ASN, TNI dan Polri Naik 8 Persen : Meningkatkan Kinerja Pegawai Melalui Insentif Berbasis Prestasi

--

JAKARTA, PALPOS.ID - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, telah menggarisbawahi dalam pidatonya mengenai kenaikan gaji pegawai negeri dan anggota keamanan, bahwa hubungan antara kenaikan gaji, tunjangan, dan remunerasi dengan kinerja dan produktivitas pegawai adalah sangat penting. 

Dalam pandangan Presiden, pemberian insentif berbasis kinerja bukan hanya sekadar sebuah bentuk penghargaan finansial, tetapi juga merupakan kunci untuk mendorong pegawai memberikan yang terbaik dalam melaksanakan tugas-tugas mereka. 

Konsep ini mewakili langkah progresif dalam menghadapi tantangan transformasi birokrasi dan meningkatkan efektivitas pelayanan publik, serta menawarkan potensi untuk perubahan positif dalam dunia administrasi publik yang sering kali kompleks.

BACA JUGA:Bukan Bohongan ! Gaji PNS, TNI, dan Polri Resmi Naik 8 Persen Tahun 2024

Sebelumnya Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengumumkan bahwa Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2024 telah mengusulkan kenaikan gaji sebesar 8 persen bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) pusat dan daerah, serta anggota TNI dan Polri.

Pengumuman ini dilakukan dalam pidato penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2024 dan Nota Keuangan pada Rapat Paripurna DPR RI Tahun Sidang 2023-2024, yang diadakan di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Rabu, 16 Agustus 2023.

Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa langkah ini diambil sebagai upaya konkret dalam memperbaiki kondisi kehidupan dan kesejahteraan para pegawai negeri serta anggota keamanan yang telah berkontribusi bagi bangsa dan negara.

BACA JUGA:Kenaikan Gaji PNS Harus Diimbangi Kualitas Kerja

Selain itu, kenaikan gaji ini juga sejalan dengan rencana untuk meningkatkan gaji pensiunan sebesar 12 persen.

Langkah ini diambil dengan tujuan yang lebih luas, yakni untuk meningkatkan kinerja, produktivitas, serta semangat dalam melaksanakan tugas-tugas penting.

Kenaikan gaji ini mencerminkan perhatian pemerintah terhadap pelayan publik yang telah berjuang dalam menjalankan tugas mereka demi kemajuan bangsa.

BACA JUGA:Gaji PNS Naik ? Intip Rincian Gaji PNS Berdasarkan Golongan

Kenaikan gaji tersebut diharapkan dapat memperbaiki standar kehidupan para pegawai dan anggota keamanan serta menjadikan profesi ini semakin menarik bagi generasi muda yang berpotensi membangun masa depan Indonesia.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi juga menyoroti pentingnya transformasi birokrasi dalam memastikan kinerja yang efisien dan berintegritas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: