Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, Alasan Pergantian Nama Provinsi Buton Raya Jadi Kepulauan Buton

Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, Alasan Pergantian Nama Provinsi Buton Raya Jadi Kepulauan Buton

Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, Ini Alasan Pergantian Nama Provinsi Buton Raya Jadi Kepulauan Buton.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Serta Pemprov Sulawesi Utara juga sudah menyerahkan Maklumat Sultan Buton ke-40 tentang pembentukan Provinsi Kepulauan Buton Kepada Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Sebenarnya pembentukan Provinsi Kepulauan Buton sudah sangat realistis, mengingat luas wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara saat ini 36.160 kilometer persegi.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Ini Kata Tokoh Masyarakat Terkait Pemekaran Provinsi Bolmong Raya

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara 1 Kota dan 5 Kabupaten Gabung Provinsi Kepulauan Buton

Sedangkan jumlah penduduk Provinsi Sulawesi Tenggara sendiri 2.755.589 jiwa sesuai hasil sensus penduduk BPS atau Badan Pusat Statistik tahun 2020 yang lalu.

Saat ini sudah ada 1 kota dan 5 kabupaten bergabung dengan calon Provinsi Kepulauan Buton. Adapun kota dimaksud yakni Kota Baubau.

Sementara 5 kabupaten bergabung, yakni Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Tengah, Kabupaten Buton Utara, dan Kabupaten Buton Selatan.

Sementara untuk rencana ibukota Provinsi Kepulauan Buton nantinya ada dua pilihan yakni Kabupaten Wakatobi atau Kota Baubau.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara Usul Provinsi Bolaang Mongondow Raya, 1 Kota dan 4 Kabupaten Gabung

BACA JUGA:2 Kabupaten Batal Bergabung Provinsi Sulawesi Timur Pemekaran Provinsi Sulawesi Tengah, Ini Alasannya...

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi sangat mendukung pembentukan Provinsi Kepulauan Buton pemekaran Provinsi Sulawesi Tenggara tersebut. 

‘’Pemekaran wilayah ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Serta untuk pemerataan pembangunan,” ungkap Ali Mazi beberapa waktu yang lalu.

Diketahui, usulan pembentukan Provinsi Kepulauan Buton sendiri sudah sudah diserahkan ke Pemerintah Pusat, termasuk ke Kemendagri dan DPD RI. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: