Kepala Daerah Tolak Pembentukan Provinsi Cirebon Pemekaran Provinsi Jawa Barat, Ini Alasannya...

Kepala Daerah Tolak Pembentukan Provinsi Cirebon Pemekaran Provinsi Jawa Barat, Ini Alasannya...

Pemekaran Provinsi Cirebon di Jawa Barat: Menggali Sejarah dan Proses Menuju Kemandirian Otonomi Baru.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

CIREBON, PALPOS.ID – Sejumlah kepala daerah ramai-ramai tolak pembentukan Provinsi Cirebon pemekaran Provinsi Jawa Barat.

Walikota Cirebon Nasrudin Azis mengaku tak pernah berikan izin cantumkan namanya dalam Komite Percepatan Pembentukan Provinsi Cirebon Raya atau KP3C tahun 2021 yang lalu.

‘’Jadi nama saya jangan dicantumkan. Meskipun saat menjabat Ketua DPRD Cirebon saya sempat bubuhkan tandatangan,” terang Nasrudin Azis.

Kemudian, Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengaku tak berikan persetujuan mengenai pembentukan Provinsi Cirebon tersebut. ‘’Sebab, pembentukan Provinsi Cirebon belum menarik untuk dibahas saat ini,” ungkap Imron Rosyadi tahun 2021 yang lalu.

BACA JUGA:TERBARU ! Provinsi Cirebon Pemekaran Jawa Barat, 4 Kabupaten dan 1 Kota Bergabung

BACA JUGA:Usulan Provinsi Cirebon Pemekaran Provinsi Jawa Barat Siapa Diuntungkan? Ini Kata Pengamat Kebijakan Publik...

Terpisah, Bupati Kuningan H Acep Purnama juga belum tertarik dengan pembentukan Provinsi Cirebon pemekaran Provinsi Jawa Barat. ‘’Jadi saya nyatakan Kuningan masih bagian dari Provinsi Jawa Barat, dan pembangunan di Kabupaten Kuningan terus berjalan,” tutur Acep Purnama tahun 2021 yang lalu.

Terakhir, Bupati Majalengka Karna Sobahi juga belum mau memikirkan Provinsi Cirebon. Kemudian, Wakil Ketua DPRD Majalengka Asep Eka Mulyana mengaku belum memikirkan provinsi Cirebon tersebut.

‘’Apalagi Kabupaten Majalengka masih andalkan bantuan dari Pemprov Jawa Barat dan Pemerintahan Pusat. Kini Majalengka juga sedang diperhatikan dengan dibangun Bandara Internasional Jawa Barat atau BIJB di wilayah Kertajati Kabupaten Majalengka,” tegas Asep Eka Mulyana tahun 2021 yang lalu.

Pembentukan Provinsi Cirebon pemekaran Jawa Barat kembali menggelinding.

BACA JUGA:Pemekaran Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat, Garut Selatan Siap-Siap Jadi Kabupaten ke-19

BACA JUGA:Ini Kata Bupati Subang Terkait Usulan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Subang Utara Provinsi Jawa Barat

Wacana pembentukan Provinsi Cirebon ini sudah lama digulirkan masyarakat yang tergabung dalam Komiter Percepatan Pembentukan Provinsi Cirebon atau KP3C. 

Meski sampai tahun 2023 ini, pemerintah pusat belum mencabut moratorium pemekaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: