Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bekasi Usul Kabupaten Bekasi Utara atau Kota Cikarang

Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bekasi Usul Kabupaten Bekasi Utara atau Kota Cikarang

Usulan Pemekaran Kabupaten Bekasi Utara Terus Bergulir Meskipun Terkendala Moratorium di Jawa Barat.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Sejumlah investor berebut menanamkan investasinya, sehingga permintaan lahan untuk pembangunan pabrik atau industri terus meningkat di Kota Cikarang.

Karena penangkatan yang pesat itulah, sehingga muncul wacana pembentukan Kota Cikarang untuk memisahkan diri dari Kabupaten Bekasi.

BACA JUGA:Usulan Provinsi Cirebon Pemekaran Provinsi Jawa Barat Siapa Diuntungkan? Ini Kata Pengamat Kebijakan Publik...

BACA JUGA:Pemekaran Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat, Garut Selatan Siap-Siap Jadi Kabupaten ke-19

Bahkan, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengaku jika kajian pembentukan Kabupaten Bekasi Utara akan dilihat ulang serta berpotensi untuk diubah.

Apalagi setelah 15 tahun berlalu, wacana pembentukan Bekasi Utara tidak releva lagi. Jadi bukan pembentukan Kabupaten Bekasi Utara, namun lebih relevan pembentukan Kota Cikarang.

‘’Ada data yang berubah dari kajian 15 tahun lalu itu. Akan kami lakukan pembaruan yang bisa jadi berubah dari kajian sebelumnya,” ucap Dani Ramdan, beberapa waktu yang lalu.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi M Nuh mengingatkan agar pemkab untuk tidak asal mengubah perda terkait kajian baru dalam rencana pemekaran wilayah.

BACA JUGA:Ini Kata Bupati Subang Terkait Usulan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Subang Utara Provinsi Jawa Barat

BACA JUGA:3 Kecamatan Paling Sepi Penduduk di Kota Bandung Calon Provinsi Bandung Raya Pemekaran Provinsi Jawa Barat

Menurut M Nuh, kajian pemekaran Kabupaten Bekasi sebelumnya karena adanya ketimpangan antara Utara dan Selatan. Sekarang memunculkan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kota Cikarang.

“Nah ini menyimpang dari kajian sebelumnya bahwa sebenarnya yang dirasakan masyarakat Bekasi adalah adanya ketimpangan Utara dan Selatan,” kata M Nuh.

Apalagi tujuan pemekaran Bekasi Utara itu karena lambatnya akses, atau Utara merasa menjadi anaktiri dari percepatan pembangunan di kabupaten Bekasi. 

Sehingga pada zaman Bupati Saadudin dan DPRD Syamsul Falah sepakat adanya pemekaran wilayah Bekasi Utara.

BACA JUGA:Usul Daerah Otonomi Baru Provinsi Bandung Raya Pemekaran Provinsi Jawa Barat Demi Kota Metropolitan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: