Wacana Operasional Inclinator Untuk Umum Dapat Sambutan Positif Masyarakat

Wacana Operasional Inclinator Untuk Umum Dapat Sambutan Positif Masyarakat

Hasran Akwa.--

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Wacana Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau mengoperasikan Inclinator Bukit Sulap sebagai fasilitas pendukung di lokasi objek wisata alam di kawasan Taman Nasional kerinci Seblat (TNKS), mendapat respon positif dari berbagai lapisan masyarakat.

Termasuk salah satunya dari tokoh pemuda di Kota Lubuklinggau, Hasran Akwa, yang juga seorang praktisi hukum.

Menurut Hasran, wacana tersebut sangat baik dan perlu didukung. Karena itu bagian dari fasilitas wisata daerah. "Karena memang harus ada  maintenece agar fasilitas itu bisa berjalan sebagaimana biasanya agar tidak membebani APBD," kata Hasran.

BACA JUGA:Hooree, Inclinator Bukit Sulap Bakal Dibuka Untuk Umum

Untuk penarikan retribusi, dikatakan Hasran, bisa saja dilakukan melalui peraturan walikota (Perwal) sebagai payung hukumnya, hal itu untuk menghindari pungutan liar (pungli) yang bisa saja dilakukan oknum dilapangan. 

"Untuk besaran biayanya itu tentu harus melihat dari kebutuhan masyarakat, kalau peminatnya sepi akan sia-sia juga dengan tarif yang mahal," kata mantan legislator Muratara ini.

Lebih lanjut Hasran memberikan contoh pengelolaan wisata Tangkuban Perahu di Jawa Barat.

"Dulu Pemerintah Daerah yang ngelolah, malah sekarang di serahkan ke pihak swasta," ujar Hasran. 

BACA JUGA:Desa Gampong Iboih Surganya Lumba-lumba di Indonesia, Desa Wisata Berkelas Dunia, di Sini Lokasinya

Seperti diberitakan sebelumnya, kabar gembira soal Inclinator Bukit Sulap, di Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan (Sumsel). 

Setelah lama tidak berfungsi dan pembangunannya terkesan hanya pemborosan anggaran, akhirnya Inclinator Bukit Sulap akan kembali difungsikan dan  penggunaanya juga bakal dibuka untuk umum.  

Kabar gembira tersebut disampaikan sendiri Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe (Nanan), disela-sela berlangsungnya kegiatan balapan sepeda gunung (Downhill) di Bukit Sulap, Sabtu 26 Agustus 2023.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: