Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Tarian Khas Kabupaten Bone Yakni Pajoge Angkong

Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Tarian Khas Kabupaten Bone Yakni Pajoge Angkong

FPBS Pertaruhkan Harapan Pemekaran Daerah Otonomi Baru Bone Selatan Belum Terealisasi di Sulsel.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BONE, PALPOS.ID – Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, tarian khas Kabupaten Bone calon ibukota Provinsi Bugis Timur yakni Pajoge Angkong.

Ternyata ini makna kata Pajoge Angkong tersebut?. dimana Pajoge berasal dari kata Joge yang dalam bahasa Bugis berarti Sere dan bahasa Indonesia berarti menari. Sementara Pajoge berarti Penari.

Sedangkan kata Angkong dalam Angkong dalam bahasa Bugis yakni Calabai atau Waria atau laki-laki berpenampilan perempuan. Jadi Pajoge Angkong berarti tari tradisional Bone yang penarinya adalah waria alias wanita pria.

Tarian Pajoge Angkong lahir dari pemikiran para calabai atau waria dengan mengembangkan gerakan tari sere bissu. Tujuan Pajoge Angkong yakni menari untuk merayu penonton datang di acara.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Muna Usul Bentuk Kabupaten dan Kota Baru

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Ini Sejarah Kabupaten Bone Dijuluki Bumi Arung Palakka

Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, ini sejarah Kabupaten Bone calon ibukota Provinsi Bugis Timur dijuluki Bumi Arung Palakka.

Awalnya, Pangeran Arung Palakka yang akhirnya jadi Raja Bone ke-15 lakukan perjalanan ke Kerajaan Buton dan mengucap sumpah bebaskan rakyat Bone dan Bugis dari tindasan daerah lain.

Bahkan, Pangeran Arung Palakka melakukan perjalanan ke Batavia dan Pariaman Provinsi Sumatera Barat karena dikejar pasukan kerajaan Gowa pada abad ke-17 yang lalu.

Akhirnya, Arung Palakka berhasil memimpin kerajaan meraih kemerdekaan dari Kesultanan Gowa tahun 1666. Bahkan, kerjasama dengan Belanda mengalahkan Sultan Hasanuddin untuk merebut Makassar.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, Batas Wilayah Kabupaten Muna Calon Ibukota Provinsi Muna Raya

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, 10 Fakta Menarik Kabupaten Muna Calon Ibukota Provinsi Muna Raya

Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, ini batas wilayah Kabupaten Bone calon ibukota Provinsi Bugis Timur.

Dimana, di sebelah utara Kabupaten Bone berbatasan dengan Kabupaten Wajo dan Kabupaten Soppeng. Kemudian disebelah utara Kabupaten Bone berbatasan dengan Teluk Bone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: