Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, 7 Potensi SDA Kabupaten Muna Calon Ibukota Provinsi Muna Raya

Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, 7 Potensi SDA Kabupaten Muna Calon Ibukota Provinsi Muna Raya

Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, Ini 7 Potensi SDA Kabupaten Muna Calon Ibukota Provinsi Muna Raya.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

MUNA, PALPOS.ID – Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, ini 7 potensi SDA Kabupaten Muna calon ibukota Provinsi Muna Raya.

Sebenarnya sangat banyak potensi sumber daya alam atau SDA di Kabupaten Muna, yang bisa membantu pembangunan daerah, termasuk menambah pendapatan asli daerah atau PAD.

Hanya saja, selama ini potensi SDA Kabupaten Muna belum dikelola secara maksimal. Potensi SDA itu mulai dari wilayah perairan, kawasan hutan, hingga pertambangan dan pariwisata.

Dan inilah 7 potensi SDA Kabupaten Muna calon ibukota Provinsi Muna Raya, yakni sebagai berikut:

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Muna Penghasil Jambu Mete dan Jagung Nasional

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Tarian Khas Kabupaten Bone Yakni Pajoge Angkong

1.Bidang Pertanian

Kabupaten Muna memiliki lahan yang cocok untuk pertanian seperti padi, jagung, ubi kayu, dan kelapa sawit. Pertanian merupakan sektor penting dalam menyokong perekonomian daerah ini.

2.Sektor Perikanan

Dimana, wilayah pesisir Kabupaten Muna memberikan potensi besar dalam sektor perikanan. Ikan, udang, dan hasil laut lainnya dapat menjadi sumber penghasilan bagi penduduk setempat.

3.Sektor Pertambangan 

Kabupaten Muna juga memiliki potensi sumber daya tambang seperti bijih nikel, bijih besi, dan mineral lainnya. Namun, pengembangan sektor pertambangan perlu dilakukan dengan memperhatikan dampak lingkungan dan aspek keberlanjutan.

4.Bidang Kehutanan 

Sebagian wilayah Kabupaten Muna ditutupi oleh hutan yang memiliki potensi untuk kegiatan hutan produksi dan konservasi. Pengelolaan hutan yang baik dapat memberikan manfaat jangka panjang dalam hal sumber kayu, penyangga ekosistem, dan upaya mitigasi perubahan iklim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: