Fakta Unik Cilacap, Kabupaten Terluas di Usulan Provinsi Jasela Pemekaran Jawa Tengah

Fakta Unik Cilacap, Kabupaten Terluas di Usulan Provinsi Jasela Pemekaran Jawa Tengah

Moratorium Daerah Otonomi Baru: Ratusan Daerah Menanti Keputusan Pusat Termasuk di Jawa Tengah.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

CILACAP, PALPOS.ID - Kabupaten Cilacap disebut akan masuk wilayah administrasi calon Provinsi Jawa Selatan atau Jasela pemekaran Jawa Tengah.

Kabupate ini memiliki sejarah yang panjang yang dimulai pada masa penjajahan Belanda. 

Pada tanggal 21 Maret 1856, Gubernur Jenderal Hindia Belanda mengeluarkan Keputusan Nomor 21 yang meningkatkan Onder Regentschap Cilacap menjadi Regentschap (Kabupaten) Cilacap. 

BACA JUGA:TERBARU ! Usulan Provinsi Jasela Pemekaran Jawa Tengah, 1 Kota dan 4 Kabupaten Bergabung, Berikut Potensinya

Kabupaten Cilacap adalah kabupaten terluas di Jawa Tengah dengan luas wilayah mencapai 2.252 kilometer persegi, terbagi menjadi 24 Kecamatan, 269 desa, dan 15 Kelurahan. 

Motto kabupaten ini adalah Jala Bhumi Wijayakusuma Cakti, yang berarti kemampuan membudidayakan bumi, laut, air untuk kemakmuran, mengingat kekayaan alam yang melimpah di wilayah ini.

Cilacap juga dikenal dengan julukan "Cilacap Bercahaya," yang  merupakan singkatan dari bersih, elok, rapi, ceria, hijau, aman, dan jaya. 

BACA JUGA:Potensi Mendunia Kota Purwokerto, Opsi Calon Ibukota Provinsi Jasela Pemekaran Jawa Tengah

Julukan ini diberikan karena Cilacap telah meraih penghargaan Adipura beberapa kali, yaitu pada tahun 2008, 2010, 2012, dan 2014.

Nah kali ini kita ulas beberapa fakta menarik Kabupaten Cilacap yang dirangkum dari berbagai sumber :

1. Pusat Industri Besar

Cilacap memiliki berbagai sumber daya alam, sehingga banyak industri besar yang berdiri di sini. Pabrik-pabrik ini mengolah berbagai hasil tambang dan hasil alam setempat. 

BACA JUGA:Fakta Unik Banjarnegara, Kabupaten yang Bergabung dengan Provinsi Jasela Pemekaran Jawa Tengah

Beberapa perusahaan terkemuka seperti Pertamina, pabrik semen HOLCIM Indonesia, pabrik gula rafinasi, dan pabrik pengolahan ikan beroperasi di wilayah ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: