Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Ini Profil Seputar Kota Tahuna Calon Ibukota Provinsi Nusa Utara

Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Ini Profil Seputar Kota Tahuna Calon Ibukota Provinsi Nusa Utara

Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Ini Profil Seputar Kota Tahuna Calon Ibukota Provinsi Nusa Utara.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

TAHUNA, PALPOS.ID – Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Utara, ini profil seputar Kota Tahuna calon ibukota Provinsi Nusa Utara.

Kota Tahuna saat ini masih menjadi ibukota Kabupaten Kepulauan Sangihe dan belum menjadi Kota DOB atau Daerah Otonomi Baru, meskipun sudah mengusulkan pemekaran daerah.

Selain itu, mata pencaharian utama penduduk Kota Tahuna yakni perikanan dan kelautan serta pertanian. Komoditas pertanian yang ada yakni kelapa, cengkih, pala dan vanili.

Kemudian, banyak potensi wisata berupa pantai-pantai indah, terumbu karang. Adapun objek wisata terkenal diantaranya Puncak Pusunge Tahuna, Tugu Suar Lama, dan Gunung Karangetan.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat Berbatasan Dengan Negara Malaysia Dan Laut Jawa

BACA JUGA:UPDATE TERBARU! Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat Usul Bentuk 3 Provinsi Baru, Semua Kurang Syarat

Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Utara, 2 akses menuju Kota Tahuna calon ibukota Provinsi Nusa Utara.

Jika melalui laut menggunakan Kapal Fery atau Kapal Pelni di Dermaga Tahuna. Namun jika dari Kota Manado butuh 7 jam perjalanan dan dua kali transit, yakni di Pelabuhan Siau dan Pelabuhan Tagulanda.

Akses kedua yakni menggunakan pesawat atau transportasi udara. Di sekitar Kota Tahuna yakni Desa Naha Kecamatan Tabukan Utara Kabupaten Kepulauan Sangihe itu ada Bandara Naha.

Namun wisatawan atau pengunjung jangan kecewa jika menggunakan jalur laut. Sebab di sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan indah, mulai bukit hijau, pesisir pantai putih hingga lautan lepas dengan air berwarna biru.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Tarif Sewa Motor dan Mobil Kota Tahuna Ibukota Provinsi Nusa Utara

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, 2 Akses Menuju Kota Tahuna Calon Ibukota Provinsi Nusa Utara

Update terbaru! Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Utara, 1 kota dan 4 kabupaten gabung Provinsi Nusa Utara.

Dimana, pemekaran wilayah ini sangat realistis karena letaknya merupakan kepulauan dari jauh dari Kota Manado selaku ibukota Provinsi Sulawesi Utara atau Provinsi Sulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: