Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, 8 Keunikan Kabupaten Sambas Daerah Calon Provinsi Sambas Raya

Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, 8 Keunikan Kabupaten Sambas Daerah Calon Provinsi Sambas Raya

Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Batas Wilayah Sambas Calon Otonomi Baru Provinsi Sambas Raya.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SAMBAS, PALPOS.ID – Pemekaran wilayah Provinsi Kalimantan Barat, 8 keunikan Kabupaten Sambas daerah calon Provinsi Sambas Raya.

Disisi lain, keunikan Kabupaten Sambas Provinsi Kalbar ini bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk melancong ke Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Serawak Malaysia tersebut.

Selain itu, untuk mewujudkan mimpi provinsi baru yaitu Provinsi Sambas Raya, Kabupaten Sambas juga akan melakukan pemekaran daerah, meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat.

Dan inilah 8 keunikan Kabupaten Sambas yang bakal memisahkan diri dari Provinsi Kalimantan Barat yang jarang diketahui, yakni sebagai berikut:

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Ini 9 Fakta Menarik Kabupaten Sambas Daerah Provinsi Sambas Raya

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, 2 Opsi Pemekaran Kabupaten Sambas Daerah Provinsi Sambas Raya

1.Multikulturalitas 

Kabupaten Sambas memiliki beragam suku dan agama yang hidup berdampingan secara harmonis. Beberapa suku yang mendiami kabupaten ini antara lain Melayu, Tionghoa, Jawa, Dayak, dan suku-suku lainnya. Keberagaman ini tercermin dalam budaya, kuliner, dan tradisi lokal.

2.Budaya Melayu 

Kabupaten Sambas merupakan pusat budaya Melayu yang kaya. Anda dapat menemukan berbagai tarian, musik, dan seni tradisional Melayu yang unik di sini. Salah satu tarian yang terkenal adalah Tarian Kuda Lumping.

3.Wisata Alam 

Kabupaten Sambas juga memiliki potensi wisata alam yang menarik, seperti Pantai Teluk Keramat, Pantai Jajang, dan Gunung Kijang yang menawarkan pemandangan indah. Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi hutan hujan tropis dan sungai-sungai yang memikat.

4.Arsitektur Khas 

Kabupaten Sambas memiliki bangunan-bangunan bersejarah dengan arsitektur khas Melayu, yang menjadi saksi berbagai peristiwa sejarah. Salah satu contohnya adalah Istana Kesultanan Sambas yang megah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: