Ciptakan Pemilihan yang Aman dan Tertib, Pemkab Banyuasin Gelar Rakor Pilkades

Ciptakan Pemilihan yang Aman dan Tertib, Pemkab Banyuasin Gelar Rakor Pilkades

Rakor Pilkades serentak yang dipimpin langsung Sekda Banyuasin.--

BANYUASIN, PALPOS.ID - Upaya ciptakan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Aman dan Kondusif, Pemerintah Kabupaten Banyuasin gelar Rapat Koordinasi Pilkades bersama Panitia Pilkades Kabupaten dan Kecamatan, Selasa (5/9/23).

Bertempat di Ruang Rapat Bupati Banyuasin, dalam Rakor Pilkades Serentak yang dipimpin langsung Sekda Banyuasin Ir. Erwin Ibrahim ST,. MM., M.BA tersebut. Panitia Pilkades diminta untuk netral dan tidak berpihak terhadap salah satu calon kades.

Erwin Ibrahim Sekda Banyuasin dalam kesempatan itu mengungkapkan, Dalam Pilkades yang kan berlangsung 9 September 2023 mendatang, ada sebanyak 48 Desa dari 18 Kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades.

BACA JUGA:Rekap Hasil China Open 2023: 5 Wakil Indonesia Melangkah ke Babak 16 Besar, Fajar/Rian Keok

Diantaranya 40 Desa melaksanakan Pemilihan  dengan sistem Manual  dan 8 Desa melalui E-voting.

Adapun 8 desa yang melaksanakan pemilihan dengan sistem E-voting tersebut yakni Desa Tebing Abang Kecamatan Rantau Bayur, Desa Taja Indah dan Desa Taja Raya I Kecamatan Betung, Desa Tanjung Lago Kecamatan Tanjung Lago, Desa Sungsang II Kecamatan Banyuasin II, Desa Suka Jaya, Suka Karya dan Panca Mulya Kecamatan Tungkal Ilir, jelasnya.

"Oleh karena itu diharapkan pelaksanaan Pilkades Serentak tersebut dapat berlangsung dengan tertib, aman, damai serta mengedepankan persatuan dan kesatuan. Kepada para camat agar berperan aktif, dalam mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilih sesuai dengan hati nuraninya," pintanya. 

BACA JUGA:Puncak Lawang, Destinasi Wisata Unggulan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat

Lanjut Erwin, Khusunya kepada Panitia Pilkades juga diminta agar berkomitmen dan bersungguh-sungguh, dalam menjalankan tugas dengan serta selalu menjunjung tinggi netralitas, dan keadilan agar tidak memihak kepada salah satu calon dalam Pilkades nanti.

Koordinasi harus lebih diintensifkan dengan unsur Muspika setempat, dan pada pelaksanaannya harus dimonitor, dia meminta dan menekankan kepada rekan-rekan yang tergabung dalam Panitia Pilkades agar berkomitmen dan bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugasnya, sambungnya.

“Hindari kecondongan kepada salah satu calon, junjung tinggi netralitas sebagai panitia, dimana untuk meminimalisir kesalahan seperti pada Pilkades yang lalu, maka dijadikan pelajaran, supaya kita lebih siap dalam melaksanakan Pilkades nanti. Mudah-mudahan sukses dalam kegiatan ini serta tidak ada kendala apapun,” tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: