Pemekaran Banten : Tangerang Raya Menjadi Provinsi Baru setelah Menanti 10 Tahun?

Pemekaran Banten : Tangerang Raya Menjadi Provinsi Baru setelah Menanti 10 Tahun?

Pemekaran Provinsi Banten membentuk provinsi baru Tanggerang Raya yang sudah mencuat sejak 1 dekade yang lalu-Foto : Tangkapan layar Youtube @kQ guwatalk-

Kota Tangerang Tengah akan terdiri dari enam kecamatan, yakni Kelapa Dua, Curug, Panongan, Cisauk, Legok, dan Pagedangan. 

Kecamatan Pagedangan akan menjadi ibukota baru, sesuai arahan dari Bupati Kabupaten Tangerang, Ahmad Zaki Iskandar. 

Lahan yang saat ini digunakan sebagai Sirkuit Offroad BSD City akan diubah menjadi pusat pemerintahan Kota Tangerang Tengah.

Dengan tambahan daerah otonomi baru ini, Provinsi Banten berharap dapat lebih efisien dalam mengelola sumber daya dan pelayanan publik. 

Pembentukan Provinsi Tangerang Raya akan menjadi tonggak sejarah baru dalam pembangunan dan perluasan wilayah di Indonesia.

Ini juga menjadi indikator penting bagi provinsi lain di Indonesia, termasuk Provinsi Jawa Barat, yang juga berencana untuk melakukan pemekaran. 

Menurut laporan, Provinsi Jawa Barat bahkan telah mempersiapkan sebanyak 17 kabupaten/kota sebagai daerah otonomi baru.

Kabupaten Cianjur adalah salah satu dari kabupaten tersebut, yang berencana memekarkan diri menjadi Kabupaten Cianjur Selatan dan Kota Cipanas. 

Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 3,16 ribu kilometer persegi dan diperkirakan memiliki populasi lebih dari 3 juta jiwa.

Pemekaran wilayah di Indonesia memang masih menjadi isu yang kontroversial. 

Namun, inisiatif ini tentunya mempunyai banyak keuntungan, mulai dari efisiensi administrasi, pemerataan pembangunan, hingga peningkatan layanan publik. 

Namun demikian, efektivitasnya akan sangat bergantung pada pelaksanaan dan supervisi yang ketat dari semua pihak yang terlibat, termasuk pemerintah pusat.

Berikut fakta unik Kabupaten Tangerang yang merupakan potensi menjadi provinsi baru:

1. Tempat Lahirnya Wayang Golek Tangerang

Kabupaten Tangerang ternyata adalah tempat lahirnya salah satu jenis wayang golek yang sangat populer di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: