Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Fakta Menarik Kabupaten Wonogiri Provinsi Daerah Istimewa Surakarta

Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Fakta Menarik Kabupaten Wonogiri Provinsi Daerah Istimewa Surakarta

Pemekaran Wilayah Jawa Tengah: Potensi Kabupaten Banyumas Pasca Wacana Otonomi Baru Provinsi Jawa Selatan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BACA JUGA:3 Mall Mewah di Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah, Ada Fasilitas Hiburan Dan Sering Gelar Diskon

BACA JUGA:Ini Profil Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah Usul Pemekaran Namun Caplok Wilayah Kabupaten Semarang

Selain itu, ada makanan Pindang, yang terbuat dari tepung singkong dan daging kambing. Kuliner khas lainnya meliputi bakso dan mi ayam, yang merupakan hidangan tradisional dari daerah ini. Jangan lupa mencoba Cabuk yang disajikan bersama Gudangan, hidangan sayur-sayuran dengan sambal cabai dan kelapa parut.

8.Industri Lokal yang Maju

Kabupaten Wonogiri juga memiliki sejumlah industri yang berkembang pesat. Deltomed Laboratories dan Air Mancur adalah contoh perusahaan jamu yang dikenal luas secara nasional. Selain itu, industri jamu di tingkat kecil juga cukup berkembang, dengan banyak perajin jamu yang memasarkan produk mereka di pasar lokal maupun luar daerah. 

Wonogiri juga terkenal dengan industri makanan bakso yang sukses di tingkat nasional. Beberapa perusahaan transportasi bus antar kota dan antar provinsi juga banyak berdiri di sini, dimiliki oleh pengusaha lokal. Industri batu akik di Kecamatan Giriwoyo juga menjadi salah satu potensi ekonomi yang penting bagi Wonogiri.

Pemekaran wilayah Provinsi Jawa Tengah, 1 Kota 6 kabupaten gabung Provinsi Daerah Istimewa Surakarta alias Provinsi DIS.

BACA JUGA:Usul Pemekaran Daerah Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah Namun Caplok Wilayah Kabupaten Semarang

BACA JUGA:Wacanakan Provinsi Muria Raya Daerah Otonomi Baru Pemekaran Provinsi Jawa Tengah, Ini Harapan Para Bupati...

Namun nama Provinsi Daerah Istimewa Surakarta ini juga bisa disebut dengan Provinsi Daerah Istimewa Solo. Sebab, Surakarta dan Solo itu satu daerah.

Diketahui, Pulau Jawa salah satu pulau terbesar di Indonesia, kini tengah heboh dengan kabar tentang rencana pemekaran provinsi yang akan menambah 9 provinsi baru. 

Pemekaran ini akan melibatkan 4 provinsi yang sudah ada, dan dari ke-9 wacana pembentukan provinsi daerah otonomi baru (DOB) tersebut, tiga di antaranya akan berasal dari pemekaran Provinsi Jawa Tengah.

Salah satu usulan yang menarik perhatian adalah pembentukan Provinsi Daerah Istimewa Surakarta atau DIS. 

BACA JUGA:7 Kabupaten dan 2 Kota Siap Gabung Provinsi Banyumasan Pemekaran Provinsi Jawa Tengah, Ini Wilayahnya...

BACA JUGA:Inilah 5 Kecamatan Paling Ramai di Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah, Adakah Calon Kota Purwokerto?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: