Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Batas Wilayah Kabupaten Wonogiri Provinsi Daerah Istimewa Surakarta

Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Batas Wilayah Kabupaten Wonogiri Provinsi Daerah Istimewa Surakarta

Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Batas Wilayah Kabupaten Wonogiri Calon Provinsi Daerah Istimewa Surakarta.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

WONOGIRI, PALPOS.ID – Pemekaran wilayah Provinsi Jawa Tengah, ini batas wilayah Kabupaten Wonogiri calon Provinsi Daerah Istimewa Surakarta.

Wonogiri merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah atau Provinsi Jateng, Indonesia, memiliki begitu banyak cerita menarik yang dapat diceritakan. 

Dengan ibukotanya yang terletak di Kecamatan Wonogiri, kabupaten ini memiliki sejumlah fakta menarik Kabupaten Wonogiri yang menjadikannya salah satu destinasi yang patut dicari tahu lebih lanjut.

Lokasi Geografis yang Memukau

Kabupaten Wonogiri terletak di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan berbagai wilayah menarik. Di sebelah utara, Anda akan menemukan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo, sementara di sebelah selatan, kabupaten ini langsung menghadap Pantai Selatan yang indah. 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Sendang Kun Gerit Glamping Pemandangan Spektakuler di Kabupaten Sragen

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Glamping Mewah Kema Merbabu di Kota Susu Kabupaten Boyolali

Di sebelah barat, terdapat perbatasan dengan Kabupaten Gunungkidul di Yogyakarta, sedangkan di sebelah timur, Kabupaten Wonogiri berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur, yaitu Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan, dan Kabupaten Pacitan. Dengan posisinya yang strategis, Wonogiri menjadi pintu gerbang antara Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Luas Wilayah dan Populasi

Wonogiri memiliki luas wilayah yang cukup besar, mencapai 1.822,37 kilometer persegi. Meskipun wilayahnya luas, populasi kabupaten ini tidaklah padat. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, jumlah penduduk Wonogiri mencapai 1.043.576 jiwa. 

Ini berarti bahwa kepadatan penduduk Kabupaten Wonogiri hanya mencapai 523 jiwa per kilometer persegi, menjadikannya salah satu wilayah tersepi kedua di Provinsi Jawa Tengah. Hal ini memberikan kesan bahwa Wonogiri adalah tempat yang cocok untuk mereka yang ingin melarikan diri dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan dan menikmati ketenangan alam.

Kekayaan Alam yang Melimpah

Selain keindahan alamnya, Kabupaten Wonogiri juga kaya akan potensi ekonomi. Tanah yang subur di kabupaten ini memungkinkan pertanian untuk berkembang pesat. Berbagai jenis tanaman seperti padi, jagung, tebu, dan kelapa dapat ditemukan di sini. Selain itu, sektor perikanan juga menjadi andalan, mengingat Wonogiri memiliki akses langsung ke Pantai Selatan yang kaya akan hasil laut.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Surga Berkemah di Lereng Gunung Lawu Kabupaten Wonogiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: