Wawako Himbau KONI Lubuklinggau Hindari Konflik

Wawako Himbau KONI Lubuklinggau Hindari Konflik

Wakil Walikota Lubuklinggau H Sulaiman Kohar-Foto: Maryati-Palpos.Id

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Wakil Walikota Lubuklinggau H Sulaiman Kohar, menghimbau agar Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Lubuklinggau menghindari konflik internal.

"Jangan sampai terjadi konflik, tetap jaga rukun damai, menjelang pileg ini segala sesuatu jangan dibawa ke rana politik," demikian ditegaskan Sulaiman dijumpai usai acara ICMI di Hotel Cozy Lubuklinggau, Rabu 13 September 2023.

Dikatakan Sulaiman, untuk keberangkatan Atlet dan Satgas Porprov Sumatera Selatan (Sumsel) ke-XIV yang akan digelar di Lahat, harus sesuaikan jadwal yang sudah ada di panitia Provinsi.

BACA JUGA:Tapak KONI Sumsel Endus 3 Potensi Masalah H-5 Porprov XIV Sumatera Selatan

Selain itu dikatakan Sulaiman, keberangkatan para atlet dan satgas Porprov juga disesuaikan dengan anggaran di KONI. "Mungkin ada dana hiba dari pemerintah, ada sumbangsi dari para donatur-donatu yang keluar dari unsur politik silakan saja manfaatkan semaksimal dan seefektif mungkin, sesuai dengan dana dan kemampuan yang ada," katanya.

Namun dia mengingatkan agar kegiatan tersebut tidak menuai konflik di tubuh KONI. "Jangan sampai terjadi konflik, tetap jaga rukun damai menjelang pileg ini," tegas Sulaiman.

Disinggung soal dugaan Satgas Porprov yang dipilih dari timses salah satu bakal calon legislatif (bacaleg) 2024, menurut Sulaiman kalau secara pribadi untuk terlibat dalam pelaksanaan membantu, siapapun juga baik itu organisasi maupun lingkungan caleg sah-sah saja.

BACA JUGA:Politisasi dalam Olahraga : KONI Lubuklinggau Disorot atas Dugaan Penempatan Timses Anggota Dewan

"Saya rasa tidak khusus untuk pemberangkatan itu, namun mungkin ada situasi bentuk kecintaannya dengan olahraga kecintaanya dengan Lubuklinggau, karena mungkin terbatasnya anggaran di Kota Lubuklinggau sah-sah saja, selama tidak membawa embel-embel dalam rangka politik praktis," ungkap Sulaiman.

Berbeda bila sudah membawa KONI tapi ada embel-embel timses itu tidak dibenarkan. Tetapi bantuan secara pribadi diluar urusan KONI tidak membawa embel-embel partai politik sah-sah saja.

Sementara itu berdasarkan informasi yang diterima palpos.id terkait kegiatan Porprov Sumsel ke-XIV,  Pemkot Lubuklinggau mengalokasikan dana hibah senilai Rp1,7 miliar. Sementara itu, dana bantuan dari para donatur hingga saat ini belum jelas.

BACA JUGA:Satgas KONI Kota Lubuklinggau Untuk Porprov Sumsel ke -XIV di Lahat Dipertanyakan

Hingga saat ini Ketua KONI Kota Lubuklinggau Bambang Rubyanto, belum berhasil dikonfirmasi.

Seperti yang diberitakan palpos.id sebelumnya,Pergelaran Pekan olahraga provinsi Sumsel ke XIV di Kabupaten Lahat menuai konflik internal di tubuh KONI Kota Lubuklinggau.

Hal itu diungkapkan Wakil Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lubuklinggau Jamil, kepada palpos.id, Jumat 12 September 2023.

Menurut Jamil, konflik tersebut disebabkan Panitia atau Satgas yang akan diberangkatkan tidak sesuai dengan Surat Keputusan (SK) penunjukan panitia Porprov Sumsel ke - XIV kontingen Kota Lubuklinggau, yang ditandatangani Ketua KONI Lubuklinggau, Bambang Rubianto.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: