Dulu Sempat Terlantar, Begini Kondisi Inclinator Bukit Sulap Sekarang

Dulu Sempat Terlantar, Begini Kondisi Inclinator Bukit Sulap Sekarang

Sensasi menikmati pemandangan Kota Lubuklinggau dari ketinggian Inclinator Bukit Sulap.- Foto: Maryati-

Namun insiden kecelakaan Inclinator di Ubud Kabupaten Gianyar-Bali, kemudian menimbulkan keraguan terkait keamanan Inclinator Bukit Sulap.

Menjawab keraguan itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Lubuklinggau A Asril Asri, kemudian memastikan bahwa Inclinator Bukit Sulap aman. Karena Inclinator Bukit Sulap berbeda dengan jenis Inclinator di Ubud tersebut.

Diakuinya jenis Inclinator yang digunakan di Ubud itu serupa tapi tak sama dengan Inclinator Bukit Sulap yang pertama. 

BACA JUGA:Bobocabin Madasari Pangandaran: Wisata Healing Mantap di Pinggir Pantai yang Memukau

Tetapi Inclinator yang saat ini akan digunakan sebagai sarana pariwisata tersebut sangat berbeda.

Terlebih rehap total inclinator Bukit Sulap yang menelan alokasi dana APBD Lubuklinggau 2023 senilai Rp 6 miliar tersebut digunakan untuk mengganti semua mesin Inclinator yang baru, termasuk penambahan Sling, penambahan rel otomatis pengereman. 

Dijelaskan Asril, Inclinator Bukit Sulap yang sekarang menggunakan tiga tingkat safety (pengamanan).

"Pertama mesinnya kita sudah ruba dengan safety gear jadi bukan motor lagi, tapi sudah gear sifatnya mengunci, jadi dia bisa engeneering break," jelas Asril.

Kedua lanjutnya, ada sistem pengereman otomatis, jadi ada disc brake-nya. "Jadi kalau terjadi kendala, putus apa, dia otomatis mengerem," ujar Asril.

BACA JUGA:The Lodge Maribaya : Pengalaman Glamping Estetik di Tengah Keindahan Alam Bandung

Ketiga tambahnya, Sling. "Kalau yang di Ubud itu cuma sling tetapi kalau kita ada 3 safety, selain ada sling penyimbang bandul, ada pengereman otomatis, kemudian safety gear, mesinnya juga kita ganti," terangnya.

Asril juga memastikan bahwa keamanan Inclinator Bukit Sulap dipastikan mengutamakan keselamatan pengunjung. 

Sabtu, 16 September 2023, Inclinator yang saat ini menjadi Inclinator terpanjang se Indonesia yakni 415 meter, telah resmi dibuka untuk umum. 

Namun Inclinator dengan kemiringan sekitar 35 derajat tersebut hanya beroperasi saat weekend atau akhir pekan saja yakni, Jumat-Sabtu-Minggu. 

Nah untuk kamu yang ingin merasakan sensasi pemandangan Kota Lubuklinggau dari ketinggian Bukit Sulap, bisa datang ke Kota Lubuklinggau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: