Telkomsel Hadirkan Layanan Inklusif Ramah Disabilitas di GraPARI

Telkomsel Hadirkan Layanan Inklusif Ramah Disabilitas di GraPARI

Telkomsel Hadirkan Layanan Inklusif Ramah Disabilitas di GraPARI --

PALEMBANG, PALPOS.ID - Telkomsel, sebagai penyedia layanan konvergensi terkemuka di Indonesia, terus berkomitmen untuk menyediakan solusi dan inovasi yang inklusif bagi seluruh pelanggan, termasuk mereka yang memiliki disabilitas.

Salah satu bentuk komitmen ini adalah dengan meningkatkan inklusivitas dalam operasional titik layanan pelanggan, yang kini akan menyediakan layanan khusus bagi pelanggan Telkomsel.

Yang merupakan teman tuli (penyandang tunarungu) di sejumlah titik GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:FAMS Harus Upgrade Pengetahuan dan Pilih Konten yang Tepat

Pada tahap awal, 19 GraPARI akan menyediakan layanan ini, sebagai bagian dari upaya Telkomsel dalam menerapkan prinsip Environment, Social, dan Governance (ESG) yang berkelanjutan, khususnya dalam aspek sosial.

Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur Sales Telkomsel, menjelaskan, data terbaru dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia menunjukkan bahwa sekitar 22,97 juta atau sekitar 8,5% dari jumlah penduduk Indonesia adalah penyandang disabilitas.

Hal ini menekankan pentingnya memberikan aksesibilitas yang sesuai bagi penyandang disabilitas.

BACA JUGA:Per September 2023, Kemenkumham Sumsel Harmonisasi 68 Raperda dan 44 Raperkada

Sehubungan dengan peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional yang dirayakan setiap 23 September, Telkomsel berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan pelanggan yang ramah bagi masyarakat penyandang disabilitas, salah satunya dengan menyediakan layanan khusus yang memudahkan aksesibilitas bagi teman tuli di sejumlah GraPARI.

"Saat ini, 19 titik GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia siap melayani kebutuhan teman tuli. Telkomsel juga berencana secara bertahap memperluas inisiatif ini dengan menyediakan lebih banyak titik layanan pelanggan inklusif yang ramah bagi masyarakat tuli dan penyandang disabilitas di seluruh Indonesia," jelasnya.

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Jawa Barat, 3 Kota Ini Diusulkan Jadi Calon Kota Baru

Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dengan pelanggan teman tuli, Telkomsel berkolaborasi dengan Silang.id, perusahaan teknologi yang berfokus pada inovasi digital, untuk memberikan Pelatihan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) kepada petugas layanan Telkomsel.

Pelatihan ini dilakukan oleh edukator ahli dengan kurikulum yang luas, yang mencakup materi bahasa isyarat, budaya tuli, ekspresi, gestur, dan filosofi gerakan bahasa isyarat. Dengan demikian, para petugas layanan Telkomsel memiliki keahlian dalam menggunakan bahasa isyarat, memudahkan komunikasi dengan pelanggan teman tuli.

Selain pelatihan bahasa isyarat, layanan pelanggan GraPARI Telkomsel akan dilengkapi dengan fasilitas infrastruktur khusus untuk teman tuli, yang menyediakan informasi tertulis yang lebih jelas dan mudah diakses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: