Pemekaran Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Akses Menuju Pulau Sumba Calon Provinsi Sumba Sabu Raijua

Pemekaran Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Akses Menuju Pulau Sumba Calon Provinsi Sumba Sabu Raijua

Pemekaran Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Akses Menuju Pulau Sumba Calon Provinsi Sumba Sabu Raijua.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung, Menggali Potensi Pariwisata di Calon Provinsi Lampung Utara

Kabupaten ini bahkan mengusulkan pembentukan empat kabupaten baru sekaligus: Kabupaten Sumba Selatan, Kabupaten Sumba Timur Jaya, Kabupaten Pahunga Lodu, dan Kabupaten Sumba Selatan. Hal ini menunjukkan tekad dan semangat masyarakat setempat untuk meraih kemandirian pemerintahan.

Perjalanan Panjang Aspirasi

Aspirasi untuk mendirikan Provinsi SSR tidaklah baru. Sejak tahun 2017, Ikatan Keluarga Besar Sumba (IKBS) di wilayah Jabodetabek telah mengusulkan pembentukan provinsi baru ini. 

Pada tanggal 17-18 November 2017, dalam Rapat Kerja (Raker) IKBS di Ciloto, Bogor, Provinsi Jawa Barat, mereka secara resmi mendeklarasikan pembentukan Provinsi SSR dengan slogan "Salam Satu Sumba Menuju Provinsi Sumba.". 

Ini adalah langkah awal dalam perjuangan mereka untuk mewujudkan provinsi yang mereka impikan.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung, Potensi Ekonomi Bangun Negeri Sejuta Peluang Calon Provinsi Lampung Utara

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung, Intip Potensi Ekonomi Calon Provinsi Baru Yakni Provinsi Lampung Selatan

Dukungan Pemimpin Daerah dan DPRD

Tidak hanya masyarakat, tetapi juga pemimpin daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumba Barat memberikan dukungan untuk pendirian Provinsi SSR. 

Surat dukungan ini diterbitkan dalam surat nomor 56/DPRD/172/53.12/04-2023, yang mencatatkan perihal dukungan Pemekaran Provinsi SSR dari DPRD Sumba Barat. 

Surat tersebut ditujukan kepada Ketua Tim Pemekaran Provinsi dan ditandatangani oleh Lukas Lebu Gallu, yang merupakan pimpinan dan Wakil Ketua DPRD Sumba Barat. Dukungan dari pemimpin daerah ini memperkuat tekad masyarakat setempat untuk meraih kemandirian pemerintahan.

Tantangan dan Kendala

Meskipun aspirasi untuk mendirikan Provinsi SSR sangat kuat, rencana ini masih dihadang oleh moratorium DOB yang diberlakukan oleh Pemerintah Pusat.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung, Pola Penggunaan Lahan Kota Metro Calon Ibukota Provinsi Lampung Tengah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: