Pemekaran Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Akses Menuju Pulau Sumba Calon Provinsi Sumba Sabu Raijua

Pemekaran Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Akses Menuju Pulau Sumba Calon Provinsi Sumba Sabu Raijua

Pemekaran Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Akses Menuju Pulau Sumba Calon Provinsi Sumba Sabu Raijua.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

KUPANG, PALPOS.ID - Pemekaran Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Akses Menuju Pulau Sumba Calon Provinsi Sumba Sabu Raijua.

Diketahui, Sumba sebuah pulau eksotis yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur atau Provinsi NTT, Indonesia, menjadi tujuan wisata yang semakin populer bagi para pelancong yang mencari pengalaman yang berbeda. 

Pulau ini menawarkan keindahan alam yang memukau, budaya yang kaya, dan petualangan tak terlupakan. Dengan luas mencapai 10.710 kilometer persegi, Sumba memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada pengunjungnya.

Keindahan Alam Sumba

Pulau Sumba mempesona dengan pemandangan alamnya yang luar biasa. Titik tertingginya adalah Gunung Wanggameti, yang mencapai ketinggian 1.225 meter di atas permukaan laut. Sumba dikelilingi oleh keindahan laut dengan Selat Sumba di utara, Laut Sawu di timur, dan Samudera Hindia di selatan dan barat. Ini menjadikan Sumba sebagai destinasi yang sempurna bagi pecinta alam dan penggemar aktivitas outdoor.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, 9 Fakta Menarik Kabupaten Sumba Timur Calon Provinsi SSR

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Keberagaman Agama Kota Waingapu Provinsi Sumba Sabu Raijua

Eksplorasi Kabupaten Sumba

Pulau Sumba terbagi menjadi empat kabupaten, yaitu Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur. Kota terbesar di pulau ini adalah Waingapu, yang juga merupakan ibukota Kabupaten Sumba Timur. 

Kota ini memiliki bandara dan pelabuhan laut yang menghubungkan Sumba dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia, seperti Sumbawa, Flores, dan Timor. Selain Waingapu, Tambolaka juga menjadi ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya dan memiliki pelabuhan baru yang bernama Pelabuhan Weikelo.

Rute Menuju Sumba

Bagi mereka yang ingin mengunjungi Sumba, ada beberapa pilihan rute yang dapat diambil. Berikut adalah dua opsi utama:

1. Via Laut

Jika Anda memiliki banyak waktu dan ingin pengalaman perjalanan yang unik, Anda dapat memilih untuk mencapai Sumba melalui jalur laut. Meskipun perjalanan ini memakan waktu beberapa hari, biayanya jauh lebih terjangkau. Dari Jakarta, Anda dapat naik kapal laut menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya atau naik kereta menuju Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: