Gelar Gebyar UKMK Bertemakan Just Saw It di Palembang, BPDPKS: Optimis Sawit Go Internasional

Gelar Gebyar UKMK Bertemakan Just Saw It di Palembang, BPDPKS: Optimis Sawit Go Internasional

Direktur Pengelolaan dan Perencanaan Dana, Plt Direktur Kemitraan BPDPKS, Kabul Wijayanto saat diwawancarai langsung, Jum'at (29/9/2023).-Foto : Tia-PALPOS.ID

*BPDPKS Miliki Program Beasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi Perkebunan Kelapa Sawit

 

PALEMBANG, PALPOS.ID - Guna mendukung Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK) Sawit Go Internasional, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggelar kegiatan Gebyar UKMK berbasis sawit.

Direktur Perencanaan dan Pengelolaan Dana/Plt Direktur Kemitraan BPDPKS, Kabul Wijayanto menyampaikan kegiatan itu sekaligus sebagai bentuk optimistisme jika sawit bisa go internasional lewat kegiatan tersebut.

"Melalui kegiatan ini diharapkan output-nya para UKMK berbasis sawit dapat meningkatkan kemampuan SDM, penelitian dan pengembangan, promosi, hilirisasi dan diversifikasi produk sawit dan lainnya," ujar Kabul kepada awak media usai acara yang digelar di Palembang Indah Mall (PIM) dengan bertemakan Just Saw It di Palembang, Jum'at (29/9/2023).

Ia menjelaskan dengan adanya kegiatan tersebut semua UKMK yang hadir dapat saling bertukar pengetahuan, sehingga tidak menutup kemungkinan akan ada inovasi dan ide kreatif.

BACA JUGA:BPDP-KS bersama Kementan Beri Pelatihan Kepemimpinan dan Komunikasi pada 25 Petani Sawit OKI Sumsel

"Jadi turunan sawit dapat diproduksi dan dikembangkan oleh UKMK, kemudian disandingkan agar memenuhi kualifikasi produk dan bisa layak ekspor. Untuk syaratnya sendiri akan diketahui melalui talkshow yang digelar, termasuk soal sertifikasi dan standarisasi produk agar pasar luar negeri bisa menerima dengan baik,” jelasnya.

Ia menyebutkan kegiatan itu diikuti oleh UKMK Mitra BPDPKS yang merupakan UKMK sawit mewakili Asosiasi Petani Sawit, yaitu dari ASPEKPIR, Apkasindo, Apkasindo Perjuangan, SPKS dan Samade.

"Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari dimulai pada hari ini sampai Minggu (29 September-1 Oktober)," imbuhnya.

Ia menambahkan, ada juga Santriprenur UKMK Sawit, UKM Sawit Pemuda Muhamamadiyah, UKM Batik Sawit termasuk mitra UKM dari berbagai Perguruan Tinggi. 

BACA JUGA:Horeee, Petani Sawit Prabumulih Dapat Bantuan Pupuk dan Pestisida Dari Kementan RI

"Kami melibatkan Ponpes untuk menjadi bagian inisiasi produk di kelapa sawit, dan juga kami mempertemukan semua pihak terkait termasuk dari Bea Cukai agar para UKMK mengetahui syarat-syarat ekspornya," kata dia.

Ia mengungkapkan jika rangkain kegiatan lainnya meliputi Pameran UKMK Sawit, Talkshow, Lomba Sawit dan Entertainmen untuk mempromosikan kebaikan-kebaikan sawit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: