PWI OI Siap Gelar Pelatihan Jurnalistik Internal untuk Meningkatkan Profesionalisme Anggotanya

PWI OI Siap Gelar Pelatihan Jurnalistik Internal untuk Meningkatkan Profesionalisme Anggotanya

PWI OI Siap Gelar Pelatihan Jurnalistik Internal untuk Meningkatkan Profesionalisme Anggotanya--Foto: Isro/Palpos.id

OGANILIR,PALPOS.ID - Dalam sebuah langkah inovatif, Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ogan Ilir (OI) berencana untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas anggotanya melalui pelatihan jurnalistik internal.

Pelatihan ini akan melibatkan sejumlah wartawan senior dari Ogan Ilir sebagai narasumber, dan beberapa wartawan dari Sumatera Selatan yang dianggap penting. 

Dalam rapat PWI OI yang dipimpin oleh Ketua Fredi Kurniawan, Senin, 9 Oktober 2023. Pelatihan dijadwalkan dimulai pada Kamis, 12 Oktober 2023, dengan mengundang Ketua Forum Jurnalis Migas (FJM) Sumsel, Oktaf Riady (Oka). 

BACA JUGA:Amankan Pelaksanaan Pemilu 2024, Polres Prabumulih Sumatera Selatan Kerahkan 330 Personel

"Harapannya, Oktaf Riady akan memberikan wawasan yang relevan mengenai tugas-tugas wartawan Migas, mengingat OI adalah daerah penghasil Migas," ungkap Fredi.

Selain itu, beberapa wartawan senior di OI, seperti HM Syarifuddin Basrie, S.Ikom, Sarono P Sasmito, S.Pd, Drs H Iklim Cahya, MM, dan Sardinan Delisep, S.Sos, juga akan menjadi narasumber.

"Pelatihan ini akan diikuti oleh seluruh anggota PWI Ogan Ilir, yang berjumlah 61 orang," ungkapnya.

BACA JUGA:1500 Pelamar Bakal Rebutan 903 Kuota PPPK Prabumulih

Fredi menjelaskan bahwa pelatihan jurnalistik ini diselenggarakan oleh PWI OI sebagai wujud kepedulian mereka untuk memberikan bekal yang baik kepada wartawan, sehingga mereka dapat menjalankan tugasnya dengan lebih profesional.

"PWI tentu berkewajiban dan berkepentingan untuk menjaga nama baik dan marwah profesi wartawan," ujar Fredi.

Teknis pelatihan ini akan dikoordinir oleh Bidang Pendidikan PWI OI yang dipimpin oleh Hj Karyani Utari dan Muslandik, S.Sos, dengan bantuan beberapa anggota.

BACA JUGA:Amankan Pelaksanaan Pemilu 2024, Polres Prabumulih Sumatera Selatan Kerahkan 330 Personel

"Pelatihan ini akan dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan setiap hari Jumat setelah sholat di Sekretariat PWI OI, Komplek Perkantoran Pemkab OI lama, Jalan Lintas Timur KM 35 Indralaya," tambahnya.

Materi pelatihan mencakup Kode Etik Jurnalistik, Kode Prilaku Wartawan, UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Teknik Peliputan, Teknik Wawancara, Teknik Fotografi, dan Teknik Penulisan Berita.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: