TPA Sungai Medang Terbakar, Warga Pertanyakan Apa Penyebabnya

TPA Sungai Medang Terbakar, Warga Pertanyakan Apa Penyebabnya

TPA Sungai Medang Terbakar, Warga Pertanyakan Apa Penyebabnya--

PRABUMULIH,PALPOS.ID - Kebakaran hebat yang melanda tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Kelurahan Sungai Medang Kecamatan Cambai Kota Prabumulih pada akhir September 2023 yang berlangsung hingga hampir sepekan, mengundang pertanyaan di masyarakat alias masih menjadi misteri.

Banyak masyarakat yang penasaran, apa penyebab terjadinya kebakaran di TPA yang letaknya jauh dari permukiman masyarakat tersebut. Masyarakat bertanya-tanya, apakah kebakaran terjadi karena cuaca ekstrim atau justru ada unsur kesengajaan.

“Penasaran bae apa penyebabnya, soalnya kan jauh dari permukiman warga. Dan akses masuk kesana juga kalau tidak salah cuma ada satu jalan,” ungkap salah satu warga yang mengaku bernama Edi ketika dibincangi wartawan.

BACA JUGA:Selain Persiapkan Diri Hadapi Pemilu, PKS Prabumulih Juga Nyatakan Siap Bertempur Dalam Pilkada

Senada dikatakan warga lainnya yang mengaku bernama Anto, menurut warga tersebut pihak terkait harus menyelidiki apa penyebabnya.

“Yo kalau sudah diselidiki kan bisa tahu apa penyebabnya, apakah karena peristiwa alam karena cuaca panas atau ada unsur kesengajaan,” ucapnya.

Kalau memang peristiwa kebakaran itu karena tidak ada unsur kesengajaan, sambung Anto tentunya pemerintah harus mengambil langkah antisipasi agar peristiwa serupa tidak terulang lagi.

BACA JUGA:Pemkot Prabumulih Usulkan 6 Raperda tahun 2023 ke DPRD Kota Prabumulih

“Tapi kalau ada unsur kesengajaan, aparat juga harus mengambil tindakan tegas agar ada efek jera,” harapnya.

Diberitakan sebelum nya, peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) kembali terjadi di Kota Prabumulih, kali ini giliran lahan seluas 8 hektar yang merupakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang dilalap si jago merah alias terbakar.

Insiden kebakaran lahan di TPA Jalan Muara Sungai, Desa Muara Sungai, Kecamatan Cambai, pertama kali diketahui pada Sabtu (30/9) sekitar pukul 21.30 WIB.

BACA JUGA:Pj Wako Prabumulih Instruksikan Camat, Lurah dan Kades Aktif Pantau Karhutlah

Api dengan cepat membesar dan membakar tumpukan sampah yang menggunung, dan hingga Minggu (01/10) sekitar pukul 18.00 WIB, kobaran api belum berhasil dipadamkan.

Kepala pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Prabumulih, Sriyono SH, melalui Sekretaris BPBD, Roy Tauhid SH, mengkonfirmasi bahwa seluruh petugas pemadam kebakaran sudah dikerahkan untuk menangani kejadian ini.

"Kita turunkan kekuatan penuh, seluruh tim yang ada dan armada yang kita punya kita fokuskan untuk memadamkan kobaran api di TPA," ungkap Roy Tauhid.

BACA JUGA:Belum Genap Dua Bulan, Kasatreskrim Polres OKU Dimutasi

Roy Tauhid juga menyebut bahwa pemadaman kebakaran di TPA tersebut mendapat bantuan dari Dinas Perkim, Bhabinsa, dan Bhabinkamtibmas.

"Kita juga dibantu oleh BPBD Provinsi, mereka menurunkan helikopter pemadam," tambahnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: