Jejak Sejarah Coklat Dari Kedai Coklat Meksiko Hingga Menjadi Lezat Global

Jejak Sejarah Coklat Dari Kedai Coklat Meksiko Hingga Menjadi Lezat Global

Coklat yang menggugah selera-foto : tangkapan layar shopee--

PALEMBANG, PALPOS.ID - Coklat, sejatinya adalah kelezatan yang menyebar di seluruh dunia, memikat lidah orang-orang dari segala usia.

Tapi apakah Anda pernah bertanya-tanya darimana asal muasal coklat, dan bagaimana rupanya perjalanan panjang coklat sebelum menjadi kegemaran kita?

BACA JUGA:Mengenang Nostalgia Jejak Masa Kecil

 

Coklat memiliki sejarah yang panjang, bermula dari tanah kuno Meksiko. Zaman Aztec dan Maya dikenal sebagai peradaban yang pertama kali mengenal dan menghargai coklat.

Pada saat itu, coklat tidak hanya diolah menjadi minuman, tetapi juga dianggap sebagai mata uang, para penguasa dan bangsawan suka menikmati minuman coklat yang diolah dengan cara yang unik dan khas.

BACA JUGA:Asal Usul Kue Lumpang Palembang : Tradisi yang Terukir dalam Sejuta Rasa

 

Pada abad ke-16, penjelajah Spanyol seperti Hernán Cortés memperkenalkan coklat ke Eropa setelah menaklukkan Meksiko.

Pada awalnya, coklat masih disajikan dalam bentuk minuman, proses pengolahan dan penyajian coklat sebagai minuman memakan waktu, karena membutuhkan campuran dengan rempah-rempah dan gula untuk menyeimbangkan rasa yang kuat.

BACA JUGA:Keindahan dan Sejarah Tugu Keris Siginjai di Jambi

 

Di Eropa, terutama di Perancis dan Belgia, chocolatier mulai merubah wajah coklat, mereka menemukan cara untuk mengkombinasikan coklat dengan susu dan gula, menghasilkan varian coklat yang lebih lembut dan manis.

Inovasi-inovasi ini membuka pintu bagi coklat untuk menjadi lebih dikenal di seluruh lapisan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: