Gunung Talamau di Sumatera Barat Sebuah Destinasi Pendakian Penuh Keunikan

Gunung Talamau di Sumatera Barat Sebuah Destinasi Pendakian Penuh Keunikan

Gunung Talamau di Sumatera Barat Sebuah Destinasi Pendakian Penuh Keunikan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

PASAMAN BARAT, PALPOS.ID - Gunung Talamau di Sumatera Barat Sebuah Destinasi Pendakian Penuh Keunikan.

Bagi pengunjung yang hobi sekali mendaki gunung, tentu akan tidak berpikir dua kali lagi ketika mengetahui ada gunung yang belum pernah dikunjungi. Bahkan berbeda pulau pun akan mereka kunjungi. Prinsip hobi mahal harganya selalu menjadi pendirian teguh.

Jika demikian adanya, Anda perlu mencoba Gunung Talamau. Gunung ini selalu menjadi pilihan pendaki ketika berada di Pasaman Barat. Ketinggiannya lumayan menantang yakni 2.982 mdpl. Jalanannya pun juga menguji adrenalin.

Pendaki akan melewati jalan berliku dan menanjak. Sehingga memerlukan kehati-hatian. Jangan lupa membawa peralatan safety yang lengkap agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Bawa bekal makan dan minum yang cukup.

 

BACA JUGA:9 Fakta Menarik dari Kabupaten Pasaman Barat di Provinsi Sumbar

BACA JUGA:Pemekaran Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat. Ini Jumlah Penduduk dan Kecamatan Siap Gabung...



Gunung Talamau: Keunikan dan Keindahan di Sumatera Barat

Gunung dengan sebutan lain Gunung Ophir ini merupakan salah satu gunung api di Sumatera Barat. Gunung ini termasuk unik, karena memiliki 13 telaga di kawasan puncaknya satu air terjun yang indah bernama Puti Lenggogeni.

Secara administrasi, Gunung Talamau terletak di Pinagar Kabupaten Pasaman Barat. Gunung ini termasuk salah satu dari sebelas gunung yang ada di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat.

Secara bentuk, Gunung Talamau adalah gunung api yang tak aktif. Indikator sebagai gunung apinya sangatlah jelas karena di sekitar kaki gunung banyak ditemukan sumber air panas. Selain itu, puncak gunungnya juga lancip yang merupakan hasil dari proses vulkanologi.

Secara topografi, Gunung Talamau merupakan gunung yang tertinggi di Sumatera Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 2.913 Meter Diatas Permukaan Laut (Mdpl). Gunung ini dari kejauh terlihat kembar dengan Gunung Pasaman (2.190 Mdpl).

 

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Solok Selatan Pilih Provinsi Puncak Andalas atau Sumatera Tengah

BACA JUGA:2 Wisata Eksotis Kabupaten Solok Selatan Daerah Calon Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Sumatera Barat



Dua gunung yang berdampingan ini sama-sama merupakan gunung api dan menjadi penyimpan air terbaik. Selain banyak ditemukan sumber-sumber air dan aliran sungai, tumbuhan dan pepohonan di kedua gunung ini juga terbilang masih padat, lebat, dan rapat.

Jalur Pendakian yang Menantang

Jalur pendakian untuk Gunung Talamau ini berbeda jauh dengan Gunung Marapi, Singgalang, Tandikek, dan Gunung Talang. Jika Gunung Marapi, Singgalang, Tandikek, dan Talang memiliki banyak akses dan jalur yang dapat ditempuh menuju puncak, sedangkan Gunung Talamau sangatlah terbatas. Hingga saat ini jalur pendakian populer yang digunakan para pendaki lebih banyak melewati Kanagarian Pinagar.

Rute pendakian Gunung Talamau ini terbilang cukup berat karena memang harus ditempuh dalam waktu yang terbilang lama. 95 persen pendaki melakukan perjalanan di siang hari sedangkan malam hari para pendaki lebih memilih Base Camp dengan mendirikan tenda. Biasanya pendaki membutuhkan waktu tempuh dari pintu rimba hingga menuju puncak tertinggi lebih kurang 12 jam perjalanan.

Dipenuhi 13 Telaga dan Air Terjun

Selain jalur dan topografi gunungnya yang terbilang unik, Gunung Talamau adalah gunung dengan sumber air terbanyak dari 29 Gunung yang ada di Sumatera Barat. Gunung ini memiliki 13 telaga yang terdapat pada ketinggian 2.750 Mdpl.

 

BACA JUGA:2 Etnis Tinggal di Kabupaten Solok Selatan Daerah Calon Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Sumatera Barat

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Solok Selatan Daerah Calon Provinsi Baru Kaya Emas dan Perak

 

Nama telaganya pun terbilang unik dan sedikit berbau mistik. Dari tiga belas telaga, 4 telaga terbilang jarang terlihat oleh pendaki sedangkan 9 telaga lagi cukup sering ditemukan para pendaki.

Adapun ketiga belas telaga tersebut adalah Talago Biru, Talago Buluah Parindu, Talago Cindua Mato, Talago Imbang Langik, Talago Lumuik, Talago Mandeh Rubiah, Talago Puti Bungsu, Talago Sangka Bulan, Talago Rajo Dewa, Talago Satwa, Talago Siuntang Sudah, Talago Tapian Puti Mambang Surau, dan Talago Tapian Sutan Bagindo.

Ke tiga belas telaga ini ukurannya pun beragam. Mulai dari berukuran besar, sedang hingga kecil. Ukuran ini menyesuaikan dengan lingkup dan palung yang ada di kawasan puncak gunung.

Selain keunikan dengan 13 telaganya di puncaknya, Gunung Talamau juga memiliki banyak air terjun. Satu di antara air terjun yang populer adalah air terjun Puti Lenggogeni. Air terjun ini memiliki ketinggian lebih kurang 100 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: