Tingkatkan Kesiagaan Satgas Karhutla Kembali Datangi Sejumlah TKP Titik Hotspot

Tingkatkan Kesiagaan Satgas Karhutla Kembali Datangi Sejumlah TKP Titik Hotspot

Tingkatkan kesiagaan Satgas Karhutla kembali datangi sejumlah TKP titik Hotspot.--

BANYUASIN, PALPOS.ID- Sejumlah titik Hotspot di wilayah Kabupaten Banyuasin, kembali didatangi Tim Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Sabtu 14 Oktober 2023.

Tim karhutla yang terdiri dari BPBD Banyuasin, TNI, Polri, Manggala Agni, DPA, dan MPA tersebut. Kembali mendatangi titik Hotspot di Perumahan Villa Melayu Permai Kelurahan Jakabaring Selatan Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin.

Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK, kepada awak media menjelaskan, satgas Karhutla terus meningkatkan kesiagaan dalam menanggulangi Karhutla. Dimana pengecekan titik api dilaksanakan di daerah rawan kebakaran.

BACA JUGA:Waspada Karhutlah, Dalam Satu Hari Terjadi 4 Kali Karhutlah di Prabumulih

Hal itu seperti yang terjadi di Kelurahan Jakabaring Selatan, karena sudah terjadi kesekian kalinya untuk itu dia memerintahkan Satgas Karhutla terjun langsung ke lokasi titik api, terang Kapolres.

“Tentunya perlu koordinasi dan kerjasama dengan instansi lain, yang terlibat dalam tim Karhutla misalnya TNI, BPBD dan tim relawan lainnya serta masyarakat setempat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, langkah tersebut dilakukan sebagai upaya menanggulangi karhutla di wilayah hukum Polres Banyuasin. "Mudah-mudahan Karhutla cepat teratasi.

BACA JUGA:Pj Wako Prabumulih Instruksikan Camat, Lurah dan Kades Aktif Pantau Karhutlah

Terkait pemadaman titik api di Kelurahan Jakabaring Selatan, Satgas Karhutla dengan menggunakan peralatan yakni 1 Unit Mobil Slip, 2 Unit Roda 2, 1 Unit Mesin ,2 Buah Gepyo, 2 Buah Garu, dan 2 Buah Jet Sutter dan untuk luas lahan tersebut kurang lebih ada sekitar 10 hektar, dengan luas lahan yang terbakar sekitar 3 hektare, ujarnya.

"Sementara untuk luas lahan  yang dipadamkan  sekitar 1 hektare, dengan tipe kebakaran bawah dan hasil vegetasi  yakni semak belukar, senayan, seduduk, selingen, lalang, cengkean, cucut dan gelam," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: