Layanan Kolaboratif Dukcapil Banyuasin Diakui Terbaik, Hani Syopiar Terima Penghargaan 'Dukcapil Award'

Layanan Kolaboratif Dukcapil Banyuasin Diakui Terbaik, Hani Syopiar Terima Penghargaan 'Dukcapil Award'

Mendagari Tito Karnavian menyerahkan langsung penghargaan Dukcapil Award kepada Pj. Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam-Foto : istimewa-

BACA JUGA:Hani Syopiar Rustam: Ikut Politik Praktis ASN Siap-siap Disanksi Tegas

"Semoga dengan bertambahnya penghargaan ini dapat memberikan nilai lebih lagi kepada Dukcapil Banyuasin baik Kepala Dinas dan jajarannya dalam melayani masyarakat. Mari terus kita tingkatkan pelayanan yang telah ada dan menyukseskan pemilu serentak 2024," tambahnya.

Hani Syopiar Rustam juga menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Banyuasin untuk terus bersinergi dengan pemerintah pusat guna meningkatkan pelayanan publik dan mendukung suksesnya pemilu serentak 2024.

Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI, Teguh Setyabudi, menyatakan bahwa Rakornas ini diikuti oleh lebih dari 2000 peserta yang bertanggung jawab dalam administrasi kependudukan di berbagai provinsi, kabupaten, dan kota, dengan 1000 peserta mengikuti secara daring.

Rakornas adalah platform untuk memperkuat kolaborasi dan kinerja aparatur sipil negara dalam pengelolaan data kependudukan dan pencatatan sipil, baik di tingkat pusat maupun kabupaten.

"Saya bisa sampaikan bahwa Data Dukcapil sangat luar biasa, karena hanya data Dukcapil yang akurat dan bisa memback up dokumen penting lainnya dengan acuan dasar dari data Dukcapil," kata Teguh Setyabudi, menegaskan pentingnya data kependudukan yang akurat.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian secara resmi membuka Rakornas sebagai bentuk apresiasi atas prestasi dan kinerja unggul yang telah ditunjukkan oleh jajaran Dukcapil di berbagai daerah.

Tito memberikan "Dukcapil Awards" kepada beberapa daerah yang menunjukkan kinerja terbaik dalam pelayanan administrasi kependudukan.

Dalam sambutannya, Menteri Tito Karnavian memberikan pesan penting kepada seluruh Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil di seluruh Indonesia. Ia menekankan perlunya sinergi dan kolaborasi antar-lembaga untuk memperkuat data yang ada.

"Saya bisa sampaikan bahwa Data Dukcapil sangat luar biasa, karena hanya data Dukcapil yang akurat dan bisa memback up dokumen penting lainnya dengan acuan dasar dari data Dukcapil," ungkapnya.

Pada acara ini, turut hadir sejumlah narasumber kompeten, termasuk Ketua Komisi II DPR, Ketua KPU, dan Pejabat Pj. Gubernur Sumatera Selatan.

Selain itu, juga turut serta perwakilan dari Kementerian Keuangan, Bappenas, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Badan Siber dan Sandi Negara, Kementerian Luar Negeri, serta para Pejabat Eselon I dan II dari Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan "Dukcapil Prima" yang diraih oleh Dukcapil Kabupaten Banyuasin menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi yang kuat dan pelayanan publik yang optimal adalah kunci kesuksesan dalam mengelola data kependudukan dan pencatatan sipil.

Kinerja mereka yang terus membara di bidang ini memberikan harapan bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan yang semakin baik dan berkualitas di masa depan, serta mendukung kelancaran pemilu serentak tahun 2024. ***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: