Kabupaten Pasaman Utara: Perjuangan Menuju Kemandirian di Bawah Bayang-bayang Moratorium DOB

Kabupaten Pasaman Utara: Perjuangan Menuju Kemandirian di Bawah Bayang-bayang Moratorium DOB

Kabupaten Pasaman Utara: Perjuangan Menuju Kemandirian di Bawah Bayang-bayang Moratorium DOB.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

 

Menurut data BPS tahun 2021, penduduk Kabupaten Pasaman Utara diperkirakan mencapai lebih dari 206 ribu jiwa, sekitar 45 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Pasaman Barat yang mencapai 436 ribu jiwa.

 

Kemudian, enam kecamatan di Kabupaten Pasaman Utara siap untuk bergabung, termasuk Kecamatan Lembah Mlintang, Gunung Tuleh, Sungai Beremas, Parit Koto Balingka, Ratah Batahan, dan Sungai Aur. 

 

Dengan total penduduk lebih dari 206 ribu jiwa, wilayah ini menjadi kawasan multi-etnis dengan keberagaman suku, termasuk suku Minang, suku Melayu Pesisir, suku Jawa, dan suku Mandailing.

 

BACA JUGA:2 Wisata Eksotis Kabupaten Solok Selatan Daerah Calon Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Sumatera Barat

BACA JUGA:2 Etnis Tinggal di Kabupaten Solok Selatan Daerah Calon Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Sumatera Barat

 

Infrastruktur dan Fasilitas Pendukung

 

Kabupaten Pasaman Utara juga sudah mengembangkan infrastruktur pendukung, termasuk rencana pembangunan perkantoran terpadu di wilayah Jorong Situak Ujung Gading, Kecamatan Lembah Mlintang. 

 

Pemangku ulayat setempat bahkan telah menyiapkan 200 hektare lahan untuk pembangunan ini. Selain itu, wilayah ini telah memiliki empat lembaga keuangan, rumah sakit tipe D, dan perguruan tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: