Amankan Pemilu 2024 Personel Polres Prabumulih Tak Dibekali Senjata Api

Amankan Pemilu 2024 Personel Polres Prabumulih Tak Dibekali Senjata Api

Amankan Pemilu 2024, Personel Polres Prabumulih Tak Dibekali Senjata Api--

SUMATERA SELATAN,PALPOS.ID - Kapolres Prabumulih, AKBP Witdiardi SIK MH mengatakan pada pengamanan pemilu legislative dan pilpres 2024 tepatnya 14 Februari 2024 mendatang, pihaknya mengerahkan 330 personel dari semua fungsi yang ada di Polres Prabumulih.

“Tentunya (personel yang diterjunkan) disesuaikan dengan berbagai tahapan,” ungkap AKBP Witdiardi SIK MH ketika diwawancarai Palembang Pos (Palpos), belum lama ini.

Witdiardi menegaskan, personel polri yang dilibatkan dalam pengamanan pilkada tersebut tidak akan dibekali senjata api (senpi).

BACA JUGA:Soal Kotak Suara Pemilu 2024, Ketua KPU Kota Prabumulih : Kita Simpan di Gudang dan Dijaga Penjaga Khusus

“Untuk seluruh kegiatan (pengamanan pemilu) personel kita tidak dibekali senjata dalam kegiatannya,” ujar pria jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) ini.

Masih kata kapolres Prabumulih, saat pengamanan TPS (tempat pemungutan suara) pihaknya akan melibatkan personel dalam jumlah yang lebih banyak.

“Kemungkinan juga ada personel reserse dan intel yang kita tugaskan,” tuturnya seraya mengatakan TPS di Kota Prabumulih pada pemilu 2024 mendatang direncanakan sebanyak 670 TPS.

BACA JUGA:Bakal Gelar Job Fair, Kadisnaker Prabumulih : Total Lowongan Kerja yang Tersedia 453 Loker

Ditanya apakah ada BKO dari Polda Sumsel pada saat pengamanan pemilu tersebut, mantan Kapolres Muko-Muko ini menuturkan tidak ada BKO dari Polda. Akan tetapi pihaknya telah menyiapkan personel yang terlatih.

“Hari ini juga kami melakukan pemeriksaan psikologis, jadi kami bukan hanya menyiapkan sarana peralatannya kami juga persiapkan orangnya. Kami ingin memastikan personel kami sehat secara jasmani dan psikologis,’ kata Kapolres Prabumulih.

Lebih lanjut Kapolres Prabumulih mengimbau kepada seluruh personel polres Prabumulih, agar dalam menajalankan tugas selalu berpegang teguh pada standar operasional prosedur (SOP). “Lakukan dengan humanis dan informatif kepada masyarakat,” tutupnya.

BACA JUGA:Kunjungan Presiden Jokowi ke Prabumulih Batal

Untuk diketahui, terkait persiapan pengamanan pemilu Polres Prabumulih telah melaksanakan apel gelar pasukan mantap Brata tahun 2023-2024, di lapangan upacara Polres Prabumulih, Selasa (17/10).

Apel tersebut dipimpin langsung Kapolres Prabumulih, AKBP Witdiardi SIK MH. Tampak hadir dalam apel tersebut, Pj Walikota Prabumulih, H Elman ST MM, Ketua PN Prabumulih Arlen Veronica, Danramil serta pejabat utama Polres Prabumulih.

Selain itu, untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel polres Prabumulih dalam pelaksanaan pengamanan pemilu polres prabumulih juga telah melaksanakan simulasi pengamanan TPS serta simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkot) di lapangan upacara Pemkot Prabumulih.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: